Terlalu Lama Browsing Sebabkan Daya Ingat Melemah

Terlalu lama browsing sebabkan daya ingat melemah, entah benar atau tidak ungkapan tersebut tetapi jika memang benar tentu saja menjadi pukulan tersendiri bagi kita. Mengapa begitu? Karena kemudahan browsing untuk mencari info-info yang sebelumnya tak kita ketahui memang menjadi andalan kita saat ini. Apalagi info-info tersebut tak akan hilang, sobek atau apa sehingga mudah sekali bagi kita untuk mencari dan menyimpannya. Tapi ya, pecinta kumpulan misteri semuanya ada sekelompok peneliti gabungan dari beberapa universitas terkemuka di dunia memang pernah melakukan penelitian dan mendapati sebuah hasil yang mengejutkan.

Terlalu Lama Browsing Sebabkan Daya Ingat Melemah

Pengaruh Browsing Terhadap Daya Ingat
Sekumpulan seorang asisten psikologi bekerja sama dengan beberapa peneliti dari universitas harvard dan wisconsin sengaja melakukan penelitian tentang pengaruh browsing terhadap daya ingat. Hal itu dilatar belakangi oleh kebiasaan masyarakat jaman sekarang yang sudah mulai tergantung dengan teknologi internet. Di percobaanya ini peneliti menggunakan 40 orang sebagai obyek penelitian yang pada awalnya diminta untuk mengetik sebuah info atau berita dengan kecepatan tertentu. Setelah mengetik dengan kecepatan waktu yang ditentukan, peneliti memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang sudah diketik. Pertanyaan tidak perlu langsung dijawab, tetapi diberi beberapa pilihan apakah mereka akan mengingat-ingat jawaban berdasarkan apa yang sudah dibaca dan diketik beberapa saat tadi atau memilih mencari jawabannya di mesin pencari.

Hasil yang mengejutkan adalah mereka lebih memilih untuk mencari di mesin pencari atau di folder dimana mereka menyimpan hasil ketikan tadi. Hal ini menunjukan betapa browsing atau mencari info dari internet memang menjamin kita mengetahui banyak hal, tetapi tidak menjamin kita mampu mengingat apa yang sudah kita ketahui. Ingatan kita itu akan terbangun jika kita secara tak sengaja maupun sengaja menemui kata yang sama.

Penyebab Menurunnya Daya Ingat
Melanjutkan bahasan mengenai terlalu lama browsing sebabkan daya ingat melemah rasanya kita perlu tahu lebih detail apa jenis gangguan daya ingat di usia muda dan apa saja penyebabnya. Berdasarkan beberapa literatur ternyata memang ada sebuah penyakit yang ditandai dengan penurunan daya ingat pada usia muda. Meskipun banyak orang di usia muda yang kerap mengalami lupa pada hal-hal sederhana yang baru saja dilakukannya hal itu tidak bisa dikatakan normal. Jenis penyakit atau gangguan itu adalah “short memmory syndrom” atau disingkat dengan SMS. Pada intinya penyakit daya ingat ini memang sama dengan kepikunan pada lansia, hanya saja di derita orang muda karena otak akan secepatnya menghilangkan rekam memori yang diterima oleh otak kita. Nah, gangguan SMS ini ternyata tidak terjadi begitu saja melainkan ada penyebabnya yang salah satunya berhubungan dengan pengaruh browsing terhadap penurunan daya ingat.

Penyebab pertama dari gangguan SMS ini adalah beban kerja yang sangat tinggi pada usia yang relatif muda. Beban kerja yang tinggi pada waktu yang tidak tepat atau terlalu cepat inilah membuat otak kita juga bekerja lebih keras. Alhalis otak akan merelakan beberapa memori yang lebih jarang kita ingat karena kita terfokus pada memori penting seperti memori tentang pekerjaan.

Penyebab kedua adalah adanya gangguan pada peredaran darah di otak. Darah adalah satu-satunya alat transportasi nutrisi dan oksigen didalam tubuh. Otak adalah organ vital yang sangat memerlukan asupan nutrisi dan oksigen dalam jumlah tinggi. Jika sirkulasi darah menuju dan di otak terganggu maka terganggu pulalah proses penyerahan nutrisi dan oksigen ke sel-sel di otak yang mengakibatkan daya kerja sel akan menurun. Hal ini sangat berpengaruh terhadap efektifitas otak dalam menyimpan memori yang kadang dianggap tidak penting.

Penyebab ketiga adalah peningkatan teknologi yang melebihi standar sehingga manusia cenderung menggantungkan dirinya pada teknologi yang mengakibatkan otak tidak dipergunakan secara maksimal termasuk untuk menyimpan memori sehingga daya ingat akan cenderung menurun. Otak sama halnya dengan sebilah pisau, semakin lebih banyak digunakan akan semakin tajam. Semakin banyak kita belajar, membca dan mendengarkan maka akan semakin tajam pula ingatan pada otak kita. teknologi internet memudahkan manusia untuk browsing dan mencari informasi banyak hal. Sayangnya mereka tidak membaca informasi yang didapat dengan seksama. Mereka lebih memilih membaca sekilas untuk memenuhi kebutuhan rasa ingin tahunya dan menyimpan halaman tersebut. hal inilah yang sangat membuat otak tidak bekerja. Mereka lebih mengingat di folder mana halaman itu diingat dari pada mengingat isi dari halaman itu.

Mencegah Penurunan Daya Ingat
Melihat fakta diatas tentunya sangat disayangkan sekali jika sistem kerja teknologi yang super canggih akan menurunkan sistem kerja manusia itu sendiri. maka dari itu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah penurunan daya ingat. Pertama adalah tetap menjaga asupan nutrisi, kedua bekerja sesuai porsi usia dan kemampuan kita, dan yang terakhir tentunya menggunakan teknologi dengan sangat bijak, hanya seperlunya saja dan jangan lupa selalu melatih otak kita agar tetap bisa bekerja maksimal sehingga tidak ada lagi pernyataan terlalu lama browsing sebabkan daya ingat melemah.
Tag : Pengetahuan
0 Komentar untuk "Terlalu Lama Browsing Sebabkan Daya Ingat Melemah"

Back To Top