Misteri Di Balik Air Zam Zam yang Tidak Pernah Habis

Misteri air zam zam yang tidak pernah habis akan menjadi topik yang akan dibahas untuk pecinta kumpulan misteri. Air zam zam adalah sumber mata air yang paling aneh dan unik di dunia. Pasalnya sejak dulu air tersebut tidak pernah habis. Walaupun memasuki musim haji di mana jutaan orang mengambil air tersebut, sumber air tersebut tidak pernah kering sekalipun. Selain itu, air zam zam juga memiliki banyak keajaiban. Tentu kita merasa penasaran dengan hal tersebut.

Berapa banyak air yang dikuras setiap kali musim haji? Jamaah haji yang datang dari seluruh belahan dunia setiap musim haji umumnya berjumlah sekitar 2 juta jamaah. Semua jamaah mendapatkan 5 liter air zam zam saat pulang ke tempat asalnya. Jika 2 juta orang pulang dengan masing-masing 5 liter air zam zam ke negaranya, setidaknya sudah 10 juta liter air yang diambil. Ini belum termasuk kebutuhan konsumsi para jamaah haji yang berada di sana selama 25 hari di mana tiap orang menghabiskan setidaknya 1 liter air sehari. Jadi totalnya sudah mencapai 50 juta liter.

Misteri Di Balik Air Zam Zam yang Tidak Pernah Habis

Mengapa Air Zam Zam Selalu Melimpah?
Seorang doktor asal Mesir pada tahun 1971 mengatakan pada Pers Eropa bahwa air zam zam tidak sehat untuk dikonsumsi. Dasar asumsinya adalah karena kota Mekah berada di bawah garis laut. Menurut dokter Mesir tersebut, air zam zam berasal dari air sisa atau limbah warga kota Mekah yang meresap dan mengendap yang kemudian terbawa bersama dengan air hujan setelah itu keluar di sumur zam zam.

Akhirnya, berita itu sampai ke Raja Faisal. Raja pun mengutus Menteri Pertanian dan Sumber Air agar menyelidiki masalah tersebut. Raja pun kemudian mengirim contoh air zam zam ke berbagai laboratorium di Eropa untuk diuji. Insinyur kimia bernama Tariq Hussain yang bertugas di Jedah mendapatkan mandat untuk menyelidikinya. Saat memulai tugas, Tariq belum memiliki gambaran bagaimana sumber air zam zam dapat menyimpan air yang sangat banyak seolah tidak ada batasnya. Ia ingin memecahkan misteri air zam zam yang tidak pernah habis.

Tariq sangat terkejut saat melihat bahwa ukuran sumur tersebut hanya sekitar 5 x 4 meter. Tentu sulit dibayangkan sumur yang kecil ini dapat mengeluarkan jutaan liter air setiap musim haji. Hal tersebut juga sudah berlangsung selama ribuan tahun silam sejak zaman Nabi Ibrahim AS. Berdasarkan hasil penelitian, mata air zam zam dapat memancarkan air 11 - 18 liter per detik. Jadi setiap menit dapat dihasilkan 660 liter air. Fakta ini tentu sangat mencengangkan.

Berapa Kedalaman Sumur Zam Zam?
Tariq mulai mengukur berapa kedalaman air sumur zam.zam. Beliau meminta asistennya untuk masuk ke dalam. Air sumur itu ternuata hanya mecapai bahu asistennya yang tingginya 5 ft 8 inch. Kemudian ia meminta asistennya untuk memeriksa jika mungkin ada saluran pipa atau cerukan di bawahnya. Namun setelah memeriksa semua tempat ternyata tak ada apapun.

Beliaupun berpikir apakah mungkin air sumur ini disuplai dari luar lewat saluran pompa yang berkekuatan besar. Jika kejadiannya seperti itu, ia dapat melihat naik turunnya permukaan air secara signifikan. Namun dugaan Tariq ini tidak terbukti karena tidak ditemukan adanya gerakan air mencurigakan dan tidak ada alat yang dapat menyuplai air dalam jumlah yang besar.

Kemudian, Tariq meminta asistennya masuk kembali ke dalam sumur kemudian memintanya berdiri dan diam sambil mengamati sekitarnya. Tidak lama setelah itu, asistennya mengatakan bahwa di bawah telapak kakinya pasir halus seolah menari-nari dan air tersebut keluar dari dasar sumur.

Kemudian asistennya diminta untuk mengelilingi sumur saat pemompaan air yang akan dialirkan ke tempat distribusi air. Asisten tersebut merasakan bahwa jumlah air yang keluar dari dasar sumur itu sama besar seperti sebelum dipompa. Aliran air yang muncul jumlahnya sama di tiap titik sehingga permukaan sumur tersebut relatif stabil dan tidak menimbulkan guncangan besar.

Kandungan Air Zam Zam
Setelah air zam zam diteliti di Saudi Arabia dan Eropa, menunjukkan bahwa air zam zam mengandung fluorida yang efektif untuk membunuh kuman seperti sudah mengandung obat. Perbedaan antara air zam zam daripada air sumur biasa di kota Arab dan Mekah adalah dalam hal jumlah garam magnesium dan kalsium. Air zam zam mengandung kedua mineral tersebut sedikit lebih banyak. Ini mungkin sebabnya zam zam memberikan efek yang menyegarkan untuk jamaah yang letih.

Selain itu, komposisi kandungan garam dan rasanya selalu sama sejak sumur ini terbentuk. Rasa tersebut selalu terjaga dan diakui oleh seluruh jamaah haji dan umroh yang selalu ke sana setiap tahun. Berdasarkan penelitian ilmiah di laboratorium Eropa, air zam zam memang lain. Zat yang terkandung di air tidak sama dengan sumur lainnya di sekitar Mekah. Hal mencengangkan lainnya adalah tidak ada lumut sedikitpun di sumur ini sehingga air zam zam selalu bebas dari kuman.

Pada saat sumur-sumur di Mekah kering, sumber air zam zam tetap berair. Selain itu zam zam juga diadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Demikian sedikit pencerahaan untuk menguak misteri air zam zam yang tidak pernah habis.
90 Komentar untuk "Misteri Di Balik Air Zam Zam yang Tidak Pernah Habis"

It's an amazing water from Allah SWT.

Blm yg di konsumsi rakyat saudi.. hampir disemua masjid2 yg jumlahnya ribuan ada air zam zam. Untuk dikonsumsi. Maha besar Allah

Subhanallah..luar biasa hebatnya...

Itu kuasa allah.gak semua bisa di nalar dengan akal manusia.mari tingkatkan akidah dan keimanan kita .salam silaturahim...

Subhanallah, Maha Suci Engkau Ya Allah ... Tiada Tuhan melainkan Engkau ...

misteri nya masih belum terkuak....jadi penasaran kenapa bisa begitu...pasti ada sebab dan akibatnya...semoga bisa dibuktikan dengan sains....karena sains juga ilmu Allah SWT....Aamiin.....SubhanAllah...

Subhanallah ... ya allah panggil kami untuk datang kesana

Lha....artinya...tuh sumur udah gak suci lagi dong...khan udah kemasukkan manusia.....

Sayangnya sekarang jamaah haji/umrah hanya dapet jatah 5ltr aja/org

Subhanallah...

Mangkanya para ilmuan berlomba-lomba meneliti dan membuat air yang sama seperti air Zam-zam. dan mereka menemukannya.
mampirlah di fb. MakinCantik Mart
atau MakinCantik Mart II

Subhanallah. Maha Besar Allah dan Maha Mengetahui.

Allahhu akbar.....Subhanallah.....

utk lebih jelasnya apa itu air suci dan menyucikan bisa googling dulu di artikel lain dek!

Subhanallah!!!, Petunjuk Dari Allah Agar manusia selalu Berfikir atas KebesaranNYA

Subhanallah... ya allah, aku pengen segera kesana...

Subhanallah...arti Zam-Zam sendiri adalah Air yang diberkati...

Subhanallah, Maha Besar Kuasa Allah.
izin Share yaa :))

SUBHANALLAH.... sungguh besar kuasamu ya Allah, panggil kami utk ke rmh mu ya Rab.

Kuncinya ada pada dasar asumsi doktor asal Mesir pada tahun 197, bahwa kota mekah berada di bawah garis laut.

Subhanallah.....Engkaulah yg menjaga yg ada d langit dan di bumi....

SubhanAllah Alhamdulillah 🙏💖💖💖

jatah 5 L/org karna untuk mengurangi kelebihan beban di pesawat.

di kota makkah banyak sumur laen, tpi gk ada yang airnya melimpah seperti sumur zam zam,

Lantas knp dg pernyataan org mesir itu?? Tidak ada yg mustahil bagi tuhan kami (Allah SWT) dan tuhan kami akan trs menjaga sumur zamzam...

SubhanAllah. Nikmat dari Tuhan mu mana lagi yang kamu dustakan.

Penjelasan yg sngat rinci, udh ga ada lgi teori yg bs mnjelaskan selain kekuasaan Allah SWT.

Salam Jasa Bongkar ® & Hosting Murah :)

khan asistennya masuk dan memeriksa kedalaman....artinya????....nah kalo kandungan,...bisa dibandingkan gak dengan air mineral dari Salt lake di Utah Amerika...kira2....hasil perbandingannya gimana ya?

apa saja bisa dilakukan selain kuasa ALLAH...tentang air sumur mah...siapa aja bisa membuatnya berlimpah...cuma...kira2 ada gak yg berani ngecek sampai detailnya?..gak ada khan?...hehhhee...yg pasti bagaimanapun negara Arab akan tetap menjaga kredibilitasnya di mata dunia.....

yang tepat...menurut saya...tepatnya pemerintah Arab akan terus menjaga sumur tsb bagimana tetap menghasilkan.....UNTUK MANUSIA YNG BERFIKIR...DIHARAPKAN BERFIKIR...BERFIKIR DAN TERUS BERFIKIR....

Subahanallah... maha suci allah

Kamu aja yang gak pernah kesana, jadi gak bakal tau. Itu memang kuasa Allah. Itu adalah satu2nya sumur didunia yang diberkati dan dilindungi oleh Allah SWT. Supaya umat manusia berfikir. Gak seperti kamu ratna main nyeplos aja.
#padahal_ratna_gak_tau_apa-apa

dan lebih tepatnya lagi ALLAH yang membantu pemerintah arab melestarikan sumur zam-zam...

kuasa illahi. Bukti kasih sayang Tuhan pada hamba-Nya

Lagian itu tahun berapa cah...?

baca gak...? itu sudah ribuan tahun... berfikir berfikir cah..... dari jaman nabi Sulaiman, dan kerajaan arab saudi belum ada.

kalau kamu orang JIL pastinya ngomong gitu.... baca lagi sumur itu sudah ada sejak jaman nabi sulaiman. jadi apa yg kau ungkap itu tidak berdasar ilmiah.

setauku sumur air zam zam hanya ada di kawasan masjidil haram (ka'bah) mas....
di masjid2 lain di arab nggak ada kualitas air yg kandungannya sama kyk air zam zam...

Kalau Ka'bah bukan suatu kota yang berkah, tentu sejak jaman sebelum Nabi Muhammad SAW, manusia ziarahnya ke Gereja yang dibangun raja Abrahah, lebih indah dan megah....tidak perlu mengerahkan tentara gajah untuk menghancurkan Ka'bah...yg secara fisik hanya seonggok batu disusun seperti kubus....coba renungkan...!

Mxdnya tuh dr sumur zam2,kemudian d kirim ke masjid2 mba

@ratna tyty
Makanya, ngaji dulu. Gimana hukumnya air suci lagi menyucikan.
Kandungan garam di Salt Lake lebih tinggi drpd air zam-zam (makanya disebut salt lake). Di salt lake, kandungan garam lebih banyak natrium & kalium klorida.
Paham?

allahuakbar kekuasaan hanya milik allah semata,air zam zam tak akan habis walaupun sudah ribuan th di ambil dan di konsumsi kecuali allah swt menghendakinya "subhanallah"

Mengapa banyak orang mengingkari nikmat ini....apa mereka tidak melihat kebesaran Alloh?
www.bestforexsolution.com

maksud nya itu air zam zam nya di suplay ke mesjid mesjid mbak

biar lebih lengkap baca artikel ini.http://www.dakwatuna.com/2013/05/26/33850/sumur-zamzam-mukjizat-fakta-sejarah-dan-khasiatnya/#axzz3bdO47860

ryan blangkon yang goblok, klo gak ngerti jgn asal ngoook...

Satu lagi misteri air Zamzam, dia tidak pernah meluber menggenangi lokasi sekitarnya, walaupun diluar musim haji, disaat yg sama penggunanya hanya sekitar 25%-nya.
Informasi misteri2 air Zamzam ini perlu dipublikasikan secara luas, terutama kepada orang2 semacam doktor dari Mesir itu.

maha besar ALLAH dg segala firmannya

Air zam zam dr masjidil Haram di supply ke masjid2 lain bahkan sampai masjid nabawi di madinah...

Ada yg tw gk sjrah trbentuknya tuh air zam zam,,untuk minum yg diberikan oleh jibril kpda siti hajar dan anaknya nabi ismail as,,jdi yg buat air zam zam tuh ya malaikat jibril atas restu Allah,,,jdi mngkin agak sulit untuk diungkapkan mnggunakan sains

Subhanalloh....Maha Suci Allah....yang memiliki rahasia dibalik air zam zam...

Kita dianugerahkan otak seharusnya berfikir...
Semua misteri yg terjadi seharusnya membuat kita lebih berfikir untuk mengungkapkan nya...

Sebagai contoh, Rosul melarang kita meniup makanan yg masih panas sebelum dimakan, pasti ada alasannya, tp sayangnya para ilmuan non musillim yg membuktikan.

Juga kenapa Rosul melarang kita menikah sedarah, melarang makan daging babi, minum alkohol, semua pasti ada alasan yg logis, bukan asal melarang...
Meneliti suatu yg diisyaratkan Rosul dan Alqur'an bukan berarti menyangkal atau meragukan, tp meneliti agar kita makin tahu dan makin percaya...
Karena jika kita hanya percaya, mungkin cuma pahala yg kita dapat, tp jika kita meneliti kebenarnya kita akan makin yakin akan kebesaran islam dan yg tak kalah penting adalah kita menemukan ilmu pengetahuan baru secara ilmiah yg bermanfaat untuk makhluk di bumi...

Untuk masalah air Zam-Zam ini penjelasannya:
https://rovicky.wordpress.com/2008/01/18/zamzam-pernah-kering/

ya allah begitu hebat kuasa allah walaupun ber juta juta org kafir yang tidak percaya atau tidak menyembahmuv ya allah

Air Zam-Zam juga disupply ke masid Nabawi yang ada di Madinah

maaf hanya meluruskan saja..

Ucapkan “Masya Allah” kalau kita merasa kagum. Ucapkan “Subhanallah” jika melihat keburukan.

Setelah saya baca komen semua saya menangkap ada yang berfikir dengan logika Dan ada yang kuat dengan rasa kepercayaannya. Alangkah sangat bagus untuk menambah keyakinan kita dengan mengetahuinya dengan sains atau pengetahuan. Tp sayangnya 1 individu tidak bisa menyatukannya, hanya berfikir atas dasar logika atau percaya saja. Dan mohon jauhkan kata2 makian agar tidak membuat orang lain menilai knp harus kasar dan keras, muslim adalah lembut. Wassalam..

Ya benar Ryan blangkon gak asal ngook saja emg spt itu sejarah penyerbuan Kabah oleh Raja Abrahah pasukan gajah..dlm QSAL FIil...

Sejarah Kakbah memang spt yang dikemukakan Ryan Blangkon tdk asal ngook saja byk org kristen menutup telinga dan mata yang ingin didengarnya islam suka perang terbelakang ekstremis teroris...padahal org islam yang berpengetahuan jauh lbh banyak..

Air suci dan mensucikkan itu ada syaratnya yaitu ukuran lebar dan tinggi nya wadah tempat air itu berada. Kurang lebih 270 liter ( 70x70x70 cm ).
Cek hadits :
Dari Abdullah bin Umar ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila jumlah air mencapai 2 qullah, tidak membawa kotoran." Dalam lafadz lainnya,"Tidak membuat najis." (HR Arbaah: Abu Daud, Nasai, Tirmizi dan ibnu Majah)
Sama seperti masjid dengan bak sebagai sarana wudu (bukan air keran, tapi bak yang tangan boleh di celupin, tapi air bak nya masih suci).
Sedangkan sumur zam zam sendiri, bisa mengalirkan "katanya" 18 liter/detik. Bukan nya kalau sumur tak terlalu dalam dengan debit air luarbiasa itu, airnya akan selalu di perbarui? Jadi gak najiz dek...

Nah ini yang benar, masa lihat kebesaran "subhanallah", seharusnya "masya allah", jangan diikuti kebudayaan, kebudayaan yg bilang gitu menyesatkan

Subhanalloh...........Maha Suci dan Maha Besar Allah...........

Jay JNP... jangan ngomongin orang goblok kalau ente sendiri tidak memahami yang di tulis Riyan Blangkon. Coba baca pelan2... yg dikatakan riyan benar koq.

Kalo ga ngerti jgn asal ngomong dek..

Subhanallah , Allahu Akbar air zam-zam tanda2 kuasaan Allah

Back To Top