Teka-teki Dibalik Kematian Ir. Soekarno

Ir.Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang berhasil membawa kemerdekaan Indonesia. Konsep Pancasila merupakan hasil pemikiran presiden Seokarno yang masih menjadi dasar negara Indonesia hingga saat ini. Ir. Soekarno menjabat sebagai presiden Indonesia periode 1945-1966. Presiden Soekarno meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1960 dalam usia 69 tahun. Banyak sejarah Indonesia yang melibatkan presiden Soekarno. Tapi tahukah Anda bagaimana presiden Soekarno wafat? Kumpulan misteri kali ini akan membagi cerita tentang riwayat kisah meninggalnya presiden Soekarno yang masih menjadi teka-teki. Pecinta kumpulan misteri, simak saja beberapa kisah berikut ini.

Teka-teki Dibalik Kematian Ir. Soekarno

Kesehatan Soekarno sudah diberitakan mulai menurun sejak Agustus 1965 karena gangguan ginjal. Presiden Soekarno sudah dirawat oleh Dr. K. Fellinger di Austria. Saat itu presiden Soekarno sudah diminta untuk melakukan operasi untuk mengangkat ginjal kiri. Namun saat itu presiden Soekarno belum bersedia untuk menjalani operasi tersebut. Pada akhirnya presiden Soekarno hanya menjalani pengobatan tradisional.

Setelah menjalani pengobatan tradisional, pada akhirnya presiden Soekarno meninggal dunia di RSPAD pada tanggal 21 Juni 1970. Bagian yang paling menyedihkan adalah saat itu presiden Soekarno dirawat dengan status sebagai tahanan politik. Beberapa dokter yang melakukan pemeriksaan rutin menyatakan bahwa kondisi presiden Soekarno sudah menurun drastis. Pada saat itu data tentang kematian presiden Soekarno dikeluarkan kepada publik dengan bukti tanda tangan dari Prof.Dr. Mahar Mardjono dan Mayor Jendral Dr. Rubiono Kertopati.

Sebuah jejak rekaman medis mengatakan bahwa data tentang kematian menunjukkan usaha dari pihak medis yang sudah melakukan berbagai upaya medis. Namun semua usaha ini sama sekali tidak menunjukkan perbaikan hingga akhirnya presiden Soekarno meninggal dunia. Beliau meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 tepat pada jam 07:00.

Riwayat Pemakaman Presiden Soekarno
Pada saat presiden Soekarno sakit, beliau pernah meminta agar jika meninggal dimakamkan di Istana Batu Tulis di Bogor. Ketika itu Indonesia sudah dipimpin oleh presiden Soeharto. Bagian yang menjadi titik misteri dalam kematian Soekarno adalah ketika presiden Soeharto tidak melaksanakan riwayat dari presiden Soekarno dengan mengeluarkan Keppres RI No 44 Tahun 1970. Peraturan ini memuat beberapa poin pokok yang sangat penting tentang pemakaman presiden Soekarno.

Hingga pada satu hari setelah presiden Soekarno meninggal, maka jenazahnya dibawa ke Blitar. Blitar merupakan tanah kelahiran presiden Soekarno. Beliau dimakamkan tepat disamping makam ibunya. Pelaksanaan upacara pemakanan dilakukan secara militer yang dipimpin oleh Panglima ABRI Jenderal M.Panggabean. Saat itu presiden Soeharto memberikan perintah untuk seluruh rakyat agar melaksanakan waktu berkabung nasional selama tujuh hari.

Jika kita telaah semua kisah kematian dan pemakanan presiden Soekarno, maka kita akan merasakan teka teki misteri yang sangat panjang. Banyak orang yang bertanya, tentang mengapa presiden meninggal dengan status tahanan politik. Hal ini tentu tidak sepadan dengan jasa presiden Soekarno yang telah membuat Indonesia mencapai kemerdekaan. Banyak orang yang merasa perawatan presiden Soekarno saat itu tidak dilakukan dengan baik sehingga membuat penyakit yang diderita menjadi lebih parah.

Beberapa kisah lain yang sulit untuk kita tebak adalah bahwa penyakit yang ditangani oleh dokter saat itu hanya gejala stroke saja. Saat itu banyak isu yang mengatakan bahwa presiden Soekarno mengalami koma. Bila kita bayangkan kondisi saat itu, maka situasi yang terjadi mungkin sangat menegangkan. Saat itu masyarakat hanya mendengar berita dari radio. Berbagai macam aspek yang berhubungan dengan kisah politik terlihat masih disembunyikan hingga saat ini.

Jasa presiden Soekarno seharusnya dihargai dengan perawatan terbaik. Namun kekuasaan elit politik saat itu diduga juga menjadi penyebab semua masalah penyakit presiden Soekarno. Perawatan penyakit ginjal seharusnya dilakukan di rumah sakit dengan fasilitas yang memadai. Jasa presiden Soekarno memang akan diingat oleh semua orang. Banyak orang yang menyayangkan tentang kisah kematian yang terlihat tidak semestinya.

Ada dugaan yang mengatakan bahwa presiden Soekarno meningggal karena diracun. Tapi spekulasi ini hanya menjadi berita yang tidak pernah terungkap. Bila dirunut hingga sekarang maka sebenarnya data-data tentang riwayat penyakit dan perjalanan terakhir presiden Soekarno harus disesuaikan dengan kebenaran. Tapi rekam jejak sejarah telah mengungkapkan bahwa cerita tentang kematian presiden Soekarno persis seperti yang diceritakan oleh sejarah.

Hal-hal yang mencurigakan dari kematian presiden Soekarno dianggap sangat wajar. Berbagai macam situasi dan kondisi politik saat itu menjadi alasan yang terlihat wajar. Tapi jika kita melihat detail tentang perjalanan Soekarno dan jasa-jasanya di Indonesia, maka kita seharusnya memberikan penghormatan yang lebih tinggi. Tidak pernah ada penjelasan  yang detail tentang riwayat perjalanan presiden Soekarno. Hal inilah yang membuat kita merasa bahwa ada kisah misteri dibalik kematian Ir.Soekarno
9 Komentar untuk "Teka-teki Dibalik Kematian Ir. Soekarno"

koreksi, BK dilahirkan di Surabaya...

meskipun engkou telah tiada tapi engkou slalu di hati kami ...selamat istirahat di SURGA

meskipun engkou telah tiada tapi engkou slalu di hati kami langit dan bumi ini akan slalu mengenangmu ...selamat beristirahat di SURGA

Semoga bung karno di terima di sisinya. Amin

Itulah ketidakadilan, kita mesti bersyukur karna negara saat ini lebih baik dr terdahulu.. yg tenang2 disana pak soekarno :)

Semoga Allah membangkitkan soekarno__soekarno baru di jaman ini:::::

Pada bagian atas, terdapat kesalahan penulisan tahun meninggalnya Bung Karno. Tempat kelahiran pun juga kurang tepat, Beliau dilahirkan di Surabaya. Terima kasih.

Smpai kpan pUn,,,kita tidak akan melupakan smua jasa'mu ir.Soekarno,,,tpi ma'af kan,,pemerintah indonesia yg sekarang,krena tlah menyelewengkan titipan Negara yg engkau brikan,,,andaikan engkau msih ada mungkin negara ini tdk sperti saat ini,,,,,,,Ir.Soekarno,my heroes,,,,,,by.Fian brengsek

Back To Top