Arwah Penasaran, Benarkah Ada ?

Arwah penasaran, benarkah ada ? hai para pencinta kumpulan misteri, kali ini kita akan membahas mengenai pro kontra tentang arwah penasaran. Di jaman yang serba modern seperti ini jangan mengira semua orang sudah tak percaya dengan arwah penasaran. Masih banyak masyarakat yang percaya bahwa arwah penasaran itu ada. Meskipun ada juga yang benar-benar menganggap itu hanya mitos. Nah tentunya kita semakin penasaran ya membahas tentang arwah penasaran ini hehe. Arwah penasaran memang dipercaya sebagai kembalinya seseorang yang sudah meninggal dunia karena memiliki tangguhan yang belum terselesaikan. Mulai dari tangguhan untuk membalas dendam atau bahkan tangguhan untuk menyelesaikan urusannya di dunia. Sayangnya tak semua manusia mampu mengerti apa maksud kedatangan dari si arwah penasaran ini, hal itulah yang membuat banyak orang langsung lari tunggang langgang begitu menyadari ada arwah penasaran di depan matanya.

Arwah Penasaran, Benarkah Ada ?

Jika membahas tentang arwah penasaran memang bagaikan membahas cerita yang tiada habisnya. Sebenarnya roh penasaran banyak dibahas oleh banyak golongan mulai dari golongan pemuka agama hingga golongan masyarakat. Sayangnya saya belum menemukan bukti ilmiah bahwa roh penasaran itu memang benar adanya. Kalau dilihat dari bukti nyata mungkin sudah banyak orang yang menjadi saksi pernah melihat arwah penasaran tersebut, tetapi dari segi fakta-fakta ilmiah mengapa dan bagaimana bisa arwah itu bisa penasaran sama sekali belum ada. Maka dari itu, kita akan membahas dari beberapa sudut pandang yang sudah banyak membahas tentang roh penasaran.

Dari Sudut Pandang Masyarakat Awam
Arwah penasaran, benarkah ada ? banyak masyarakat awam yang percaya bahwa arwah penasaran memang ada. Hal itu dikarenakan sudah bukan hal aneh lagi kita mendengar banyak orang mengaku pernah melihat arwah penasaran. Misalnya seseorang yang baru saja meninggal karena kecelakaan yang tragis di suatu jembatan, maka banyak yang mengatakan melihat sesosok lain di jembatan itu dalam waktu-waktu tertentu. Walaupun belum jelas apakah pengakuan itu benar adanya atau memang diada-ada. Dari sudut pandang masyarakat banyak penyebab mengapa arwah tersebut penasaran, misalnya seperti yang saya sebutkan di bawah ini.

- Tali pocong
Banyak masyarakat yang percaya bahwa jika saat proses pemakaman seseorang lupa untuk membuka tali pocong di bagian kepala jenazah, maka jenazah tersebut akan kesakitan dan akhirnya gentayangan untuk meminta tolong agar ada yang membuka tali pocong tersebut. Entah siapa yang pertama menyimpulkan hal ini, yang jelas istilah ini mulai membumbung tinggi sejak film “mumun” yang menceritakan tentang pocong menjadi tontonan masyarakat beberapa tahun yang lalu.

- Pembunuhan
Sebagian besar masyarakat juga percaya bahwa korban pembunuhan pasti arwahnya penasaran. Hal ini dikarenakan banyak yang percaya bahwa sebenarnya orang tersebut belum saatnya untuk meninggal. Karena itulah, arwah akan penasaran menghantui pembunuhnya untuk meminta pertanggung jawaban.

- Bunuh diri
Sama halnya dengan korban pembunuhan, para korban bunuh diri juga dipercaya arwahnya akan penasaran dikarenakan dia meninggal pada waktu yang belum waktunya sehingga arwahnya belum diterima. Maka dari itu, arwah akan terus penasaran memohon pertolongan agar dibantu menuju tempat yang tenang.

- Kehilangan anggota badan
Banyak masyarakat yang percaya bahwa seseorang yang meninggal dengan kondisi bagian tubuhnya terpisah-pisah harus benar-benar disatukan kembali bagian tubuhnya itu dan di kuburkan dalam satu liang lahat yang sama. Karena jika tidak, maka arwah tersebut akan penasaran mencari anggota badannya yang tidak lengkap dan menghantui banyak orang.

Dari Sudut Pandang Beberapa Pendapat Tertentu
Dari sudut pandang hampir seluruh agama telah membahas sendiri mengenai arwah penasaran ini. Tetapi kesimpulannya sangat berbeda dengan pandangan masyarakat. Berdasarkan agama tidak ada yang namanya arwah penasaran, karena ketika seseorang meninggal maka arwah akan langsung dikembalikan ke akhirat. Yang ada adalah ulah para jin yang menggoda manusia dengan menyamar menjadi orang yang sudah meninggal.

Ada juga beberapa pendapat yang menghubungkan arwah penasaran dengan jin pendamping manusia. Dipercaya, setiap orang memiliki jin yang mendampingi manusia tersebut dari dia lahir hingga meninggal dunia. Jin ini merupakan refleksi dari perbuatan manusia tersebut. jin ini mengetahui apa saja yang terjadi dengan manusia yang didampinginya itu. Nah, ketika manusia yang didampingi jin tersebut meninggal dunia, maka jin tersebut akan kehilangan pengikutnya. Maka dari itu dia akan menggoda manusia dengan menyamar sebagai manusia yang selama ini ia dampingi dan mendatangi orang-orang terdekat tuannya. Sehingga dianggap sebagai arwah penasaran.

Sedangkan menurut pandangan psikolog tentunya arwah penasaran itu tidak ada. Yang ada adalah adanya ketakutan dengan fikiran-fikiran kita sendiri sehingga alam bawah sadar akan membentuk halusinasi sehingga kita dapat melihat hal-hal yang menakutkan diri kita sendiri.

Nah, dari bahasan diatas tentunya sudah banyak penjelasan mengenai arwah penasaran. Kita sudah membahas dari banyak sudut pandang tentang arwah penasaran. Mulai dari sudut pandang masyarakat, agama hingga kesehatan jiwa atau psikologi. Untuk kesimpulan akhir arwah penasaran, benarkah ada ? saya serahkan kesimpulannya kepada pembaca semuanya.

0 Komentar untuk "Arwah Penasaran, Benarkah Ada ?"

Back To Top