Awas, Air Kencing Bisa Jadi Hal Sepele Penyebab Siksa Kubur

Air kencing penyebab siksa kubur, mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa air kencing bisa menyebabkan siksa kubur. Karena memang banyak desas desus yang mengatakan air kencing menyebabkan siksa kubur bagi jenazah yang ada didalam kubur. Ternyata pernyataan itu bukanlah desas desus belaka, menurut agama islam telah ada pembahasannya sendiri dan penyebab-penyebab mengapa air kencing sampai dapat menyebabkan siksa kubur. Jadi tak hanya dosa besar seperti membunuh, fitnah, dll saja yang dapat menyebabkan siksa kubur. Nah, kali ini saya akan mengajak pecinta kumpulan misteri untuk mengupas tuntas mengapa air kencing dapat menyebabkan siksa kubur.

Awas, Air Kencing Bisa Jadi Hal Sepele Penyebab Siksa Kubur

Air Kencing = Najis
Dalam agama islam diajarkan banyak hal salah satunya tentang najis dan bersuci. Inilah yang nantinya menjadi asal muasal mengapa ada sebagian orang percaya bahwa air kencing dapat menyebabkan siksa kubur. Najis merupakan kata lain dari kotor. Sedangkan artinya menurut istilah adalah suatu benda atau hal kotor yang wajib dihindari oleh kaum muslim. Mulai dari air kencing, darah, kotoran dll. Air kencing dapat menyebabkan siksa kubur ini karena sifatnya yang najis. Tetapi jangan terburu-buru menganggap semua air kencing itu najis. Karena disini juga telah diatur air kencing yang bagaimana yang dapat menyebabkan siksa kubur. Jika para ibu banyak yang harus kontak dengan air kencing bayinya maka tak perlu khawatir akan siksa kubur karena air kencing. Karena air kencing bayi yang masih menyusui merupakan air kencing yang masuk dalam kelompok najis ringan. Jadi jika terkontaminasi tidak mendapatkan hukuman yang besar.

Yang menjadi fokusnya disini adalah air kencing dari anak yang sudah mulai memakan makanan selain susu hingga air kencing orang dewasa yang sudah dianggap najis berat. Jadi ketika kita terkontaminasi harus segera membersihkannya dengan benar. Hal ini sangat rentan terjadi pada kaum adam yang memiliki kebiasaan kencing dengan cara berdiri dan cara pembersihan yang tidak tepat. Maka sebagian orang percaya ketidaktepatan cara membersihkan air kencing yang masuk dalam kelompok najis berat inilah yang dapat menyebabkan siksa kubur.

Air Kencing Penyebab Siksa Kubur
Dari bahasan diatas tentunya kita sudah mulai bisa menghubung-hubungkan antara air kencing, najis dan penyebab siksa kubur. Sebuah kisah yang diceritakan oleh Ibnu Abbas r.a bahwa suatu ketika nabi muhammad SAW tengah melewati sebuah makam bersama para sahabatnya. Kemudia beliau mengatakan bahwa sesungguhnya orang yang ada didalam kubur itu tengah disiksa, mereka disiksa bukan karena hal-hal besar, melainkan karena mereka tidak bersih dalam membersihkan setelah buang air kecil.

Air kencing menjadi penyebab siksa kubur dikarenakan kontaminasi air kencing itu dapat merusak ibadah seseorang tanpa diketahui orang tersebut. Bagaimana bisa? Misalnya seseorang baru saja selesai buang air kecil, lalu dia membersihkanya dengan cara tidak benar sehingga masih ada setetes air kencing yang secara tidak sengaja menetes di celananya atau sendalnya. Orang tersebut kemudian pergi kemasjid. Nah, sandal yang sudah terkontaminasi air kencing ini akan rentan di injak-injak orang yang juga akan pergi kemasjid untuk melakukan ibadah, maka najis pulalah orang lain tersebut tanpa diketahui. Orang yang menginjak sandal tersebut melanjutkan perjalanannya kedalam masjid dan tanpa sadar menyebabkan air kencing yang belum dibasuh itu terus menyebar di lantai masjid dan merusak kesucian seluruh pengunjung masjid. Dosa orang-orang yang tak mengetahui apapun tentang perihal apapun tentang air kencing tersebut akan dibebankan pada orang pertama yang menjadi penyebab utamanya. Nah, terbayang bukan bagaimana bahayanya jika tidak membersihkan sisa buang air kecil dengan benar?.

Suatu penggambaran lainnya yang menggambarkan bagaimana siksaan yang diterima karena tidak membersihkan air kecil dengan benar juga dikisahkan oleh Abdullah bin Umar yang tengah mengunjungi rumah seorang perempuan tua yang di sebelah rumahnya terdapat satu makam. Ternyata makam tersebut adalah makam suami perempuan itu. Begitu sampai di depan rumah wanita itu, beliau mendengar suara laki-laki yang berseru “apa itu kencing? Apa itu gayung?”. Ketika perempuan tua pemilik rumah itu keluar, Abdullah bin Umar pun bertanya apakah yang terjadi dan suara apa itu gerangan. Lalu perempuan tua itupun bercerita bahwa sesungguhnya suara itu adalah suara suaminya yang ada di dalam makam tersebut. suara tersebut mulai terdengar hari pertama setelah pemakaman. Hal tersebut dikarenakan pada semasa hidupnya sang suami adalah seorang laki-laki yang tidak pernah mau membersihkan diri setelang buang air kecil.

Naudzubillah min dzalik, ternyata hal yang selama ini tidak terlintas dan bahkan kita anggap remeh juga dapat menyebabkan kita mendapat siksa. Maka dari itu ada baiknya jika kita benar-benar menjaga kebersihan dan kesucian diri. Karena jika kita tidak membersihkan air kencing dengan benar bukan hanya kita yang mendapat imbasnya, tetapi juga orang lain. Itulah tadi bahasan mengenai air kencing penyebab siksa kubur, semoga kita dapat mengambil pelajaran yang positif.
1 Komentar untuk "Awas, Air Kencing Bisa Jadi Hal Sepele Penyebab Siksa Kubur"

Kalo tidak sadar dan ga tau gmnaa ???

Back To Top