Keutamaan Nabi Muhammad Dibanding Nabi-Nabi Lainnya


Sebenarnya, Islam mengenal lebih banyak nabi. Tapi hanya ada 25 yang diperkenalkan pada kita. Setiap nabi memiliki kelebihannya masing-masing, tapi mereka tentu saja memiliki keimanan yang kuat pada Allah, begitu juga dengan Rasul kita Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Nabi Muhammad Dibanding Nabi-Nabi Lainnya

Apabila kita ingin membahas keistimewaan Muhammad SAW ketimbang nabi-nabi lain, rasanya akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena beliau memiliki keutamaan yang sangat mulia sebagai manusia. Namun, kita akan mempelajari beberapa keutamaan saja seperti yang diungkapkan oleh Syekh Muhammad di dalam karyanya Mujazul Kalam.

Dikatakan bahwa Nabi Muhammad telah diutus oleh Allah ke alam semesta ini sebagai rahmat dan telah diberikan keutamaan. Maksud dari semesta adalah segala sesuatu selain Allah SWT sehingga seluruh makhluk termasuk di dalam semesta, begitu juga dengan benda mati, binatang, bahkan malaikat.

Sebuah hadits menjelaskan bahwa Nabi Muhammad memiliki 5 keutamaan yang tidak dimiliki oleh nabi sebelumnya.

1. Nabi diberikan pertolongan dengan rasa takut yang ditanamkan pada musuh dalam jangka sebulan sebelum peperangan
Allah tidak pernah memberikan keutamaan ini pada nabi lainnya, selain Nabi Muhammad. Hal inilah yang menjadi salah satu kekuatan Nabi saat melawan musuh dalam peperangan.

2. Bumi dijadikan untuk Nabi dan Umat-Nya untuk mengerjakan Shalat dan bersuci dari najis
Sebagai seorang muslim, shalat merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Allah tidak memberi batasan tempat untuk kita melakukan ibadah shalat. Hanya saja ada syarat yang harus dipenuhi, seperti terhindar dari najis. Oleh karena itu, kita diperbolehkan untuk shalat di masjid mana pun kita berada saat waktu shalat sudah tiba.

3. Ghanimah dihalalkan untuh Nabi
Dahulu, Allah tidak pernah menghalalkan harta rampasan bagi nabi-nabi terdahulu, selain Nabi Muhammad.

4. Nabi diberi syafa’at
Syafa’at inilah yang sangat berarti bagi Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam.

5. Nabi diutus untuk semua umat manusia
Nabi sebelumnya telah diutus Allah untuk umat tertentu saja sehingga tidak berlaku lagi untuk umat lainnya. Berbeda dengan Nabi Muhammad yang dikenal sebagai nabi akhir zaman sehingga beliau diutus untuk semua umat manusia.

Kedatangan Nabi Muhammad SAW sebagai pencerah kehidupan umat manusia. Risalahnya menjadi penyelamat bagi kaum muslim karena menunjukkan jalan yang benar. Dikatakan dalam sebuah hadits bahwa Allah telah mengutus Nabi Muhammad untuk seluruh umat manusia sebagai pembawa kabar gembira dan memberikan peringatan. Inilah keutamaan Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam Dalam Al-Qur'an.

Sebuah hadits menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan manusia pertama yang akan keluar ketika orang-orang dibangkitkan dari alam kubur. Beliau merupakan khotib bagi mereka saat mereka datang. Beliau memberikan kabar gembira saat mereka berputus asa terhadap hari akhir. Bendera pujian saat itu akan ada di tangan beliau. Sementara beliau adalah anak Adam yang paling mulia di hadapan Allah tapi beliau tidak bangga. Maksud dari kata tidak bangga tersebut sebagai ungkapan ketidaksombongan atau ketawadhu’an.

Berdasarkan penjelasan keistimewaan Nabi Muhammad, kita tahu betapa mulianya Nabi Muhammad SAW. Bahkan dalam berbagai kisah Islam telah dijelaskan kesabaran, ketaatan dan keimanan Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi berbagai ujian. Beliau tidak pernah berputus asa untuk memperjuangkan kebenaran, meskipun nyawa taruhannya. Oleh karena itu, jika kita mengaku sebagai umat Rasulullah sudah seharusnya kita meneruskan perjuangan Rasulullah di dalam kebenaran agama Islam. Demikian keutamaan Muhammad dibanding nabi-nabi lainnya.
0 Komentar untuk "Keutamaan Nabi Muhammad Dibanding Nabi-Nabi Lainnya"

Back To Top