Ingin Doa Dikabulkan, Kerjakan Amalan Berikut


Siapa yang tidak ingin agar doa segera dijabah Allah SWT? Tentunya sebagai umat yang percaya kepada Allah, tentu kita memiliki banyak permintaan yang ingin segera terkabul. Pastinya permintaan-permintaan yang diucapkan merupakan hal-hal yang mendatangkan kebaikan, lalu jika doa tidak kunjung terkabul, apa yang harus diperbuat? Ingin doa dijabah? Kerjakan amalan berikut yang bisa menghantarkan doa-doa Anda agar segera dikabulkan Allah SWT.

Ingin Doa Dikabulkan, Kerjakan Amalan Berikut

Ibarat seseorang yang ingin mengambil air di sumur yang dalam, pastinya diperlukan katrol untuk menarik ember berisi air tersebut. Demikian juga doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT, doa merupakan air sumur yang ingin kita ambil sedangkan katrol merupakan amalan agar doa kita segera dikabulkan. Lalu amalan seperti apa yang bisa menghantarkan doa kita ke Allah SWT dan dikabulkan?

Amalan yang saleh merupakan jawaban agar doa dijabah oleh Allah SWT, amalan yang saleh merupakan katrol yang berguna untuk menaikkan doa agar cepat sampai kepada Allah. Amal saleh yaitu amal yang bertaqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini bisa diperjelas melalui kisah 3 orang yang terjebak di dalam gua.

Alkisah terdapat 3 orang yang terjebak di dalam gua dan tidak bisa keluar, lalu masing-masing dari mereka menyebutkan apa saja amal saleh yang sudah diperbuat maka terbukalah pintu gua tersebut sedikit demi sedikit. Akhirnya ketiga orang tersebut bisa terbebas dari dalam gua yang mematikan tersebut berkat amal saleh yang pernah dilakukan. Intinya ketiga orang itu telah menjadikan wasilah atau bertawasul dengan amal salehnya.

Selain amal saleh, ‘Istighfar’juga bisa menjadi pengatrol agar doa bisa cepat naik dan dijabah oleh Allah. Doa tidak akan cepat dijawab oleh Allah ketika kita banyak masalah dengan-Nya. Jadi agar doa segera dijabah, maka penyelesaian semua masalah dijawab dengan istighfar. Istighfar membersihkan masalah kita dengan Allah sehingga pada akhirnya doa bisa terjawab dan InsyaAllah dikabulkan.

Selain kedua hal diatas, doa yang dijabah oleh Allah bisa didapat ketika kita melakukan perbuatan-perbuatan amal saleh lain. Salah satu amal saleh yang bisa diperbuat adalah shalat hajat dan Kiai Sobirin juga berucap bahwa Allah memerintahkan manusia untuk memohon pertolongan dengan shalat serta kesabaran.

Amal saleh yang lain adalah membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya, hal ini bisa dibaca dalam surat al-Isra ayat 82 dimana Allah SWT sendiri berfirman bahwa:

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Berpuasa pun juga menjadi amalan yang bisa mengkatrol doa kita agar cepat sampai kepada Allah. Rasulullah SAW pernah bersabda kalau tidak ada hijab diantara seseorang yang memohon sesuatu kepada Allah SWT yaitu pemimpin yang adil, hamba yang dizalimi, dan orang yang berpuasa sampai dia berbuka.

Itulah beberapa amalan agar doa segera dijabah oleh Allah SWT. Syarat-syarat dalam berdoa pun juga wajib dilakukan untuk mendukung amalan kita agar doa cepat dijabah, seperti:

- Ikhlas dan kusyu ketika berdoa.

- Tidak terburu-buru dalam berdoa.
Berdoa tidak untuk dosa, artinya tidak berdoa untuk sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT.

Nah, saat doa tak kunjung diijabah, coba pikirkan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas dan cek diri Anda sendiri. Siapa tahu ada hal yang belum diperbuat atau yang menghalangi doa Anda dijabah oleh Allah SWT.
0 Komentar untuk "Ingin Doa Dikabulkan, Kerjakan Amalan Berikut"

Back To Top