Waktu Terasa Kian Cepat, Tanda Jika Kiamat Sudah Dekat


Kiamat adalah suatu hal yang pasti dalam hidup, meskipun kita tidak tahu kapan kiamat itu akan terjadi. Namun, Allah telah menjelaskan beberapa tanda kiamat, baik kiamat besar maupun kiamat kecil. Salah satu tandanya adalah waktu yang semakin terasa singkat atau cepat.

Waktu Terasa Kian Cepat, Tanda Jika Kiamat Sudah Dekat

Pernahkan kalian merasakan jika saat ini waktu terasa lebih singkat dan cepat?. Baru saja kita bangun tapi sudah malam lagi. Sudah banyak orang yang menyadari akan hal ini. Meskipun demikian, mereka tidak merenungkan perubahan tersebut. Padahal, fenomena ini merupakan tanda bahwa kiamat sudah dekat. Tapi benarkah jika waktu yang semakin cepat berlalu, adalah sebagai tanda akhir zaman?

Kiamat merupakan peristiwa yang pasti akan terjadi. Namun, tidak ada satu orang pun yang tahu kapan kiamat akan terjadi. Kiamat adalah peristiwa yang sangat luar biasa sehingga bisa meluluh lantahkan semua yang ada di jagad raya ini. Kiamat adalah peristiwa besar dalam kehidupan sebagai gerbang menuju kehidupan yang hakiki, yakni kehidupan di akhirat.

Kehidupan di dunia bukanlah kehidupan yang kekal. Bahkan, diibaratkan kalau hidup itu bagaikan “mampir ngombe”, artinya adalah hanya sekedar minum. Ibarat tersebut juga sesuai dengan penjelasan Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa kiamat sudah dekat, padahal itu sudah dikatakan sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Sebagian besar manusia menginginkan segalanya dengan instan. Hal ini membuat mereka mengabaikan nilai-nilai atau aturan yang ada, begitu juga dengan nilai agama. Misalnya, masyarakat yang suka menghambur-hamburkan uang dan menghabiskan waktu dengan percuma sehingga tidak sempat untuk menunaikan kewajiban, yaitu sholat.

Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa manusia yang berada dalam kerugian adalah mereka yang membuang-buang waktu. Sebagaimana yang dimaksud dalam surah al-Ashr ayat 1 sampai 3. Ternyata pada zaman dahulu Rasulullah pernah bersabda bahwa salah satu tanda datangnya kiamat adalah zaman yang semakin berdekatan. Inilah masa (waktu) semakin singkat (menyempit).

Abu Hurairah menyatakan jika zaman akan berdekatan, fitnah akan bermunculan, ilmu berkurang, al-Haraj merajalela, dan kekikiran yang tertanam. Kemudian, salah seorang sahabat bertanya tentang al-Haraj. Al-Haraj adalah pembunuhan.

Beberapa ulama kemudian mengkaji tentang sabda Rasul yang menyatakan zaman akan berdekatan. Keberkahan yang sedikit pada zaman itu membuat pekerjaan dapat terselesaikan oleh generasi terdahulu dalam satu jam, tidak dapat dilakukan oleh generasi penerus dalam satu jam meskipun dengan pekerjaan yang sama.

Ibu Hajar kemudian menjelaskan jika di zaman sekarang, semua sudah terasa cepat dan hari berlalu dengan cepat sehingga kita tidak dapat merasakannya.

Semakin dekatnya zaman antara penduduk di satu masa karena sarana transportasi darat, udara maupun laut semakin berkembang sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk kita beranjak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pendapat lain yang bisa memperkuat waktu yang semakin cepat berlalu merupakan tanda akhir ini adalah riwayat tentang Dajjal. Di ketahui jika pada hari munculnya Dajjal maka hari-hari akan berputar saat itu juga. Waktu akan terasa lama. Ada hari yang terasa satu bulan, atau bahkan satu tahun. Selain itu, Rasulullah juga bersabda bahwa tidak akan datang hari kiamat melainkan waktu yang terasa singkat, bagaikan kayu bakar yang nyala dan padam begitu cepat. Demikian alasan mengapa bila waktu terasa kian cepat, tanda jika kiamat sudah dekat.
0 Komentar untuk "Waktu Terasa Kian Cepat, Tanda Jika Kiamat Sudah Dekat"

Back To Top