Jibril yang Perkasa, Pemimpin Para Malaikat


Sebagai umat muslim, penting bagi kita untuk mengetahui siapa saja malaikat dan apa saja tugasnya. Salah satu malaikat tersebut adalah malaikat Jibril. Banyak kisah yang menceritakan bagaimana dan apa saja peristiwa yang berkaitan dengan malaikat Jibril.

Jibril yang Perkasa, Pemimpin Para Malaikat

Sudah kita ketahui bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat pada perintah Allah. Bahkan malaikat terbuat dari nur atau cahaya. Meskipun tidak dijelaskan lengkap bagaimana sosok malaikat Jibril, tapi banyak kisahnya yang ada di kitab memberikan hikmah bagi kehidupan.

Rasulullah pernah bersabda bahwa jumlah malaikat sangatlah banyak. Tidak ada satu ruang berukuran 4 jari pun, melainkan terdapat malaikat yang sedang bersujud pada Allah.

Sebuah hadits mengatakan jika setiap hari terdapat 70.000 malaikat yang shalat di Baitul Ma’mur. Jumlah malaikat yang banyak ini dipimpin oleh malaikat Jibril.

Meskipun terdapat banyak malaikat, tapi kita hanyalah mengenal beberapanya saja, seperti Jibril, Mikail, Munkar, Nankir, Israfil, Malaikat maut, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan. Mereka semua adalah makhluk yang tidak pernah ingkar terhadap perintah Allah SWT.

Dalam sebuah hadits menyatakan bahwa malaikat diciptakan dengan sayapnya, mulai dari dua, tiga dan empat.

Salah satu malaikat yang dipimpin oleh malaikat Jibril adalah malaikat pemikul arasy. Diketahui bahwa malaikat pemikul arasy adalah antara daging telinga atau tempat anting dengan pundaknya berjarak tujuh ratus tahun perjalanan.

Malaikat Israfil sang peniup sangkakala, termasuk dalam malaikat pemikul arasy. Terompet sangkakala memiliki diameter antara langit dan bumi. Padahal jarak langit dan bumi adalah 500 tahun perjalanan dengan kuda yang paling cepat.

Selain itu, ada malaikat Malik yang menjaga neraka. Para penduduk neraka takut dengan malaikat Malik ini, bahkan mereka meminta malaikat Malik untuk menyampaikan pesan pada Allah untuk mematikan saja mereka.

Sedangkan, malaikat Maut yang bertugas untuk mencabut nyawa tidak pernah lalai terhadap tugasnya. Ia tidak pernah terlambat ataupun terlalu cepat. Bahkan, ia bisa mencabut nyawa banyak orang dalam waktu bersamaan.

Sementara itu, Allah menggambarkan malaikat Jibril yang mempunyai sayap dua, tiga, empat dan lebih. Pada umumnya, manusia hanya bisa menggambarkan malaikat Jibril dengan dua sayap, tidak tiga atau empat sayap. Lalu, bagaimana dengan malaikat Jibril dengan 600 sayap?

Dalam kisah malaikat Jibril, Nabi Muhammad pernah melihat malaikat Jibril dengan wujud aslinya sebanyak dua kali. Beliau melihat malaikat Jibril turun dari langit dan tubuhnya memenuhi ruang antara langit dan bumi. Dikatakan bahwa malaikat Jibril memiliki 600 sayap dan setiap sayapnya dapat menutupi ufuk. Dari sayapnya itulah kemudian berjatuhan yaqut dan mutiara dengan berbagai warna.

Apabila Allah mencintai seorang hamba maka dipanggillah malaikat Jibril untuk diberitahu bahwa Allah mencintai hamba itu, maka malaikat Jibril pun mencintai hamba itu dan mengumumkannya pada penghuni langit. Malaikat Jibril menyeru pada semua malaikat, dan semua malaikat pun tunduk pada perintahnya untuk mencintai hamba yang dicintai Allah. Hal ini diceritakan dalam kisah malaikat Jibril dan Nabi Muhammad.

Diceritakan pula saat perang Badar, malaikat Jibril diperintahkan untuk membawa ribuan pasukan malaikat dari langit ketiga untuk membantu umat Muslim. Jika diinginkan, maka malaikat Jibril mampu membunuh mereka, tapi tidak. Karena perang dalam Islam tidak bertujuan untuk membunuh.
3 Komentar untuk "Jibril yang Perkasa, Pemimpin Para Malaikat"

Subhanallah.maha suci engkau ya allah

Maha Besar Allah SWT dengan segala Kekuasaanya

Subhanallah..Maha suci Allah dengan segala kebesaran-Nya dan ketetapan-Nya

Back To Top