Inilah Bintang yang Besarnya 2000 Kali Matahari


Seperti yang kita tahu jika matahari adalah pusat tata surya di alam semesta ini. Selain itu, matahari juga memiliki ukuran yang paling besar dibanding bumi, bulan, atau planet lain. Meskipun demikian, ternyata ada bintang yang memiliki ukuran lebih besar dibanding matahari, inilah bintang yang besarnya 2000 kali matahari.

Inilah Bintang yang Besarnya 2000 Kali Matahari

Allah adalah Maha Kuasa. Adanya alam semesta ini merupakan salah satu tanda kebesaran-Nya. Padahal, masih banyak nikmat, anugerah, dan karunia yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang dikehendaki.

Alam ini bekerja secara sistematis. Kita bisa melihat dari sistem tata surya yang memiliki mekanisme berjalan secara teratur. Semua benda, planet, atau satelit di luar angkasa berpusat pada satu titik, yakni matahari. Dikatakan jika matahari merupakan sumber energi tata surya dan menjadi sumber kehidupan di bumi ini. Ukurannya yang sangat besar membuat sinarnya dapat dirasakan oleh manusia di bumi. Banyak orang yang menganggap bahwa matahari adalah benda planet yang memiliki ukuran terbesar. Ternyata masih ada bintang yang memiliki ukuran 2000 kali lebih besar daripada matahari.

Hal ini bisa kita lihat dari sebuah video keajaiban Allah di dunia yang baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan. Video ini tersebar di Youtube. Bumi adalah planet yang menjadi tempat hidup 7,2 miliar manusia dimana bumi terletak di posisi kelima dari 8 planet di tata surya. Namun, bumi memiliki ukuran lebih besar dibandingkan Mars, Merkurius, dan Venus.

Apabila bumi dibandingkan dengan Uranus, Neptunus, Jupiter, dan Saturnus maka ukuran bumi tidak ada apa-apanya. Terlebih jika kita bandingkan dengan matahari dimana luas bumi 510.072.000 kilometer persegi maka luas bumi tertinggal jauh dari matahari dimana luasnya 11.990 kali lipat lebih besar.

Asalkan kita tahu jika ternyata matahari bukanlah bintang terbesar yang ada di tata surya kita. Ukuran matahari masih kalah jauh dibanding Sirius, sedangkan Sirius lebih kecil daripada Arcturus, Rigel, Pollux, Antares, Aldebaran, Betelgeuse.

Tapi, Betelgeuse juga masih kalah besar dengan MU Cephei, VV Cephei A, dan inilah bintang terbesar di jagad raya, yaitu VY Canis Majoris (VY CMa). Inilah cerita keajaiban Allah SWT melalui bintang yang besarnya melebihi matahari sang pusat perputaran tata surya.

Bintang paling besar ini berada di rasi Canis Major. Ia memiliki diameter sekitar 3 miliyar kilometer. Canis Major mempunyai jari-jari atau radius hingga 2.100 kali matahari. Jaraknya 1.5 kiloparsec atau bisa dikatakan lebih dari 4.900 tahun cahaya dari bumi.

Apabila kita andaikan jika bumi adalah kelereng kecil, dan VY Canis Majoris ialah wadah yang berbentuk bola besar, maka diperlukan 7.000.000.000.000.000 (7x1015 atau 7 quadrilliun) butir bumi untuk memenuhi bintang itu.

Seiring dengan bertambahnya tahun, para ilmuwan terus melakukan penelitian dan terus menyusuri jagad raya. Bahkan dikatakan jika penemuan bintang terbesar ini belum pasti adanya, karena kemungkinan masih ada bintang yang belum ditemukan dan memiliki ukuran lebih besar daripada yang sudah ditemukan.

Sungguh besar kuasa Allah yang menciptakan jagad raya ini dengan luar biasa. Adanya jagad raya ini merupakan bukti betapa Allah menciptakan dan mengatur alam ini dengan sistematis dan teratur.
0 Komentar untuk "Inilah Bintang yang Besarnya 2000 Kali Matahari"

Back To Top