Rahasia dan Keutamaan Waktu Subuh dan Ashar


Rahasia dan keutamaan waktu subuh dan ashar harus kita ketahui agar kita lebih giat dalam beramal. Islam mengajarkan berbagai amalan, mulai dari yang berat hingga amalan kecil. Amalan baik sekecil apapun itu, akan tetap dicatat oleh malaikat dan dipertanggungjawabkan di akhirat. Begitu juga dengan perbuatan dosa.

Rahasia dan Keutamaan Waktu Subuh dan Ashar

Sebuah ayat menjelaskan bahwa tidak ada satu jiwa pun kecuali malaikat sebagai penjaga manusia. Lantas, apakah malaikat selalu mengikuti kita atau ada pergantian tugas antara mereka atau bagaimana? Inilah keutamaan sholat subuh dan ashar.

Jika kita lihat isi dari Al-Qur’an, maka kita akan melihat banyak ayat yang menyebutkan firman Allah dengan “demi Subuh”. Seperti yang ada di dalam salah satu surat, yakni demi subuh jika fajarnya mulai menyingsing. Pada ayat lain disebutkan bahwa Rasul berlindung pada Allah Yang Menguasai subuh. Pernahkah kita berpikir mengapa waktu subuh yang disebutkan?

Suatu ayat menjelaskan firman Allah tentang keutamaan subuh jika shalat subuh disaksikan oleh malaikat. Terdapat shalat yang dilakukan sesudah matahari tergelincir hingga gelap malam didirikan juga shalat subuh. Sungguh, shalat subuh ini disaksikan oleh malaikat dan pada sebagian malam hari kita diperintahkan untuk shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan, semoga Allah mengangkat kita ke tempat yang terpuji.

Dijelaskan pula dalam sebuah hadits mengenai misteri shalat subuh bahwa malaikat malam dan siang akan berkumpul saat shalat subuh karena sesungguhnya shalat subuh ini disaksikan oleh malaikat.

Saat shalat subuh, malaikat bergantian tugas atau berganti menjaga antara malaikat malam dengan malaikat siang, kemudian malaikat malam menghadap dan menyampaikan langsung pada Allah mengenai perbuatan apa yang terakhir atau sedang kita lakukan di waktu subuh sebelum akhirnya malaikat berganti tugas.

Sebuah hadits menjelaskan jika suatu ketika da malaikat yang sedang berganti tugas di waktu malam dan siang, mereka berkumpul saat shalat subuh dan ashar. Malaikat malam yang telah mengawasi kita naik ke langit untuk menyampaikan hal terakhir yang diperbuat hamba-Nya. Para malaikat mengatakan bahwa mereka sedng ditinggalkan dalam keadaan sedang shalat dan saat didatangi mereka juga sedang mendirikan shalat pula.

Begitu juga dengan waktu ashar, malaikat siang bergantian tugas dengan malaikat malam sehingga shalat ashar disaksikan oleh malaikat juga. Para malaikat juga melaporkan hal terakhir atau yang sedang dilakukan oleh hamba-Nya.

Hadits Qudsi meriwayatkan bahwa terdapat malaikat malam dan malaikat siang yang bergantian tugas. Para malaikat itu akan berkumpul saat shalat ashar dan subuh, bahkan ada yang bermalam menemani umat muslim. Malaikat yang bergantian tugas, mereka naik ke atas langit untuk bertemu Allah. Kemudian Allah bertanya bagaimana keadaan hamba-Nya saat ditinggalkan. Malaikat mennjawab bahwa mereka sedang shalat saat ditinggalkan dan sedang shalat pula saat didatangi. Inilah manfaat dan keutamaan shalat subuh.

Meskipun semua shalat memiliki keutamaan sendiri, tapi kita bisa menggunakan waktu ini untuk lebih giat dalam beribadah. Bagaimana kita bisa mengabaikan hal ini. Malaikat secara langsung menyampaikan apa yang kita lakukan pada Allah. Oleh karena itu, lakukanlah hal-hal yang baik, amalan apapun itu agar para malaikat dapat mendoakan kita dan menemani kita saat mengamalkannya. Setelah itu, Allah akan menerima kabar atau laporan bahwa kita senantiasa mengingat-Nya dengan segala amalan yang kita lakukan.
0 Komentar untuk "Rahasia dan Keutamaan Waktu Subuh dan Ashar"

Back To Top