Dua Rakaat Sebelum Subuh Lebih Baik Dari Dunia dan Seisinya


Sholat wajib merupakan ibadah yang diwajibkan bagi semua umat Islam tetapi sholat sunnah merupakan ibadah yang dianjurkan bagi setiap muslim, salah satu sholat sunnah yang dianjurkan adalah sholat sunnah rawatib yaitu sholat sunnah yang menyertai sholat fardhu dan ternyata dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari dunia dan seisinya. Benarkah itu?


Rosulullah menganjurkan kepada setiap muslim untuk melaksanakan sholat rowatib yaitu sholat sunnah yang menyertai sholat fardhu. Allah akan membangunkan istana di surga bagi setiap hamba yang menjalankan sholat sunnah rawatib dengan penuh keikhlasan.

Sholat sunnah yang memiliki tingkatan teratas adalah sholat sunnah rawatib sebelum shubuh, mengapa demikian? Ternyata semasa hidupnya, Rosulullah tidak pernah meninggalkan sholat sebelum subuh meskipun dalam perjalanan. Sholat sunnah rawatib sebelum shubuh mendapat perhatian khusus dari Rosulullah karena fadhilahnya sangat besar untuk manusia.

Aisyah menceritakan bahwa Rosulullah memberi perhatian khusus pada sholat sunnah dua rakaat sebelum shubuh dibandingkan dengan sholat sunnah lainnya. Rosulullah tidak pernah meninggalkan sholat sunnah ini meskipun berada dalam perjalanan. Hadits ini mengajarkan kepada setiap muslim untuk selalu memelihara dan menjalankan ibadah sholat sunnah rawatib sebelum sholat shubuh.

Rosulullah menjalankan sholat rowatib ini dengan ringan yaitu tidak terlalu lama. Pada rokaat pertama beliau niat solat sunat sebelum subuh dan membaca surat Al-Kafirun, sedangkan pada rokaat kedua membaca surat Al-Ikhlas. Kedua surat ini merupakan surat yang memiliki fadhilah yang sangat besar untuk kaum muslim.

Apa makna yang tersirat dalam sholat rowatib sebelum shubuh? 

Berikut adalah beberapa makna tersirat yang dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua:

- Rosulullah mengajarkan kepada setiap muslim untuk mengawali harinya dengan hal-hal yang baik yaitu dengan menjalankan sholat rowatib dua rakaat sebelum shubuh.

- Sholat rawatib sebelum shubuh dapat menjauhkan seorang muslim dari syirik dan musyrik karena sebelum beraktifitas telah diawali dengan sholat sunnah serta doa kepada Allah SWT.

- Menjalankan sholat sunnah rawatib sebelum shubuh merupakan cerminan akan kebanggaan seorang muslim untuk menjalankan ibadah.

- Sholat sunnah sebelum shubuh dapat menjadi pembuka semua amalan bagi seorang muslim.

Keutamaan sholat sunnah rowatib sebelum subuh sungguh besar sehingga Rosulullah tidak pernah meninggalkannya meskipun dalam perjalanan sekalipun. Sungguh rugi bagi seorang muslim yang meninggalkan sholat sunnah rowatib ini karena sungguh besar keutamaannya.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim telah dijelaskan bahwa sholat sunnah rowatib dua rakaat sebelum shubuh lebih baik dari dunia beserta isinya. Dalam hadits lain pun dijelaskan bahwa Rosulullah lebih mencintai sholat sunnah dua rakaat sebelum shubuh dibandingkan dengan seluruh dunia. Sungguh besar keutamaan sholat sunnah dua rakaat sebelum shubuh sehingga Rosulullah lebih mengutamakannya dibandingkan dengan sholat sunnah lainnya.

Sungguh besar pahala yang akan diterima seorang muslim yang dapat menjalankan sholat sunnah dua rakaat sebelum shubuh dengan penuh keikhlasan dan istiqomah. Sholat sunnah ini merupakan ibadah yang ringan tetapi godaan setan dan hawa nafsu sungguh besar sehingga hanya segelintir muslim saja yang mampu menjalankan sholat sunnah rowatib sebelum shubuh dengan istiqomah.

Demikian informasi seputar sholat sunnah rowatib dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari dunia dan seisinya, semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang beruntung yang mampu menjalankan sholat sunnah dua rakaat sebelum shubuh dengan ikhlas dan istiqomah.
0 Komentar untuk "Dua Rakaat Sebelum Subuh Lebih Baik Dari Dunia dan Seisinya"

Back To Top