3 Jaminan Allah Bagi Hamba-Nya yang Saleh


Jaminan ini adalah janji dari Allah yang pastinya akan dipenuhi pada siapa saja yang memenuhi kriterianya dan atas rahmat Allah SWT. Ketiga jaminan ini sudah sangat cukup dari keinginan orang yang shaleh. Menurut bahasa Arab, kata Sholeh berasal dari kata Soluha yang berarti baik. sedangkan menurut istilah, shaleh merupakan orang yang taat kepada Allah dan baik amal perbuatannya.

3 Jaminan Allah Bagi Hamba-Nya yang Saleh

Saleh memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah Ta’ala. Setiap muslim memiliki hak yang sama dimana mereka dapat menacapai derajat ini. Menjadi orang saleh bukan berarti kita harus bersih dari dosa sejak kecil karena setiap manusia pastinya pernah melakukan salah. Selama kita memiliki keinginan dan kemauan yang kuat untuk mencapainya maka InsyaAllah Allah akan memberikan jalan. Karena Allah selalu membuka kesempatan selebar-lebarnya untuk hamba-Nya yang ingin memperbaiki hubungan dengan Allah.

Setelah itu, Al-Qur’an memberikan kabar gembira mengenai 3 jaminan bagi hamba yang memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, yakni:

1. Allah akan menjaga di masa hidupnya
Sebuah dalil dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa Dia akan melindungi hamba-Nya yang saleh. Seperti yang kita tahu, jika kita semakin mendekat pada Allah maka Allah jauh lebih mendekat pada kita. Jika kita senantiasa mengingat-Nya dalam sehari-hari, baik dalam susah maupun senang maka Allah akan memberikan pertolongannya di dunia. Pertolongan Allah sangat kita perlukan sebagai manusia yang tidak pernah luput dari khilaf. Segala musibah, bencana dan masalah dapat hadir di kehidupan kita kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, kita sangat memerlukan pertolongan Allah dalam kehidupan ini.

2. Pahala yang melimpah di akhirat
Sebuah ayat menjelaskan bahwa pahala Allah lebih baik dari orang-orang yang melakukan kebajikan dan mereka yang beriman. Sungguh, kenikmatan Allah bagi hamba-Nya yang saleh tidak hanya bisa kita rasakan di dunia saja. Allah akan memberikan pahala yang melimpah di akhirat dimana bisa menjadi bekal untuk kita menuju surga. Bahkan, kenikmatan di akhirat inilah yang sangat luar biasa karena merupakan kenikmatan yang abadi.

3. Allah akan menjaga keturunanya
Sebuah surat menjelaskan bahwa jika ada dinding rumah yang merupakan milik dua anak yatim di kota dimana di bawah dinding itu ada harta yang tersimpan bagi mereka berdua dan ayahnya adalah orang yang saleh. Beberapa pendapat mengatakan bahwa keturunan dari ayat ini merupakan keturunan ketujuh. Betapa besarnya pengaruh kesalehan hingga bisa bertahan keutamaannya hingga generasi ke tujuh. Setiap orang pastinya menginginkan keturunan atau nasab yang baik. Tanpa kesalehan, sangatlah sulit untuk menjumpai keturunan kita, bahkan hingga keturunan ketujuh menjadi orang yang saleh semua. Oleh karena itu, untuk mendapatkan keturunan yang saleh maka mulailah dari diri kita terlebih dahulu serta ajarkan kesalehan pula pada anan cucu kita agar keturunan saleh ini tidak pernah terputus.

Dengan demikian, marilah kita menambah amal ibadah untuk memperbaiki hubungan hamba dengan Allah. Jadikan ketiga jaminan ini menjadi semangat agar kita senantiasa melakukan kebaikan. Ingatlah bahwa tidak ada yang bisa menyelamatkan kita dari api neraka, kecuali dengan amal ibadah kita sendiri dan atas izin Allah Ta’ala. Demikian tiga jaminan Allah bagi hamba-Nya yang saleh.
0 Komentar untuk "3 Jaminan Allah Bagi Hamba-Nya yang Saleh"

Back To Top