Mau Surga? Ucapkanlah Kalimat “Alhamdulillah”


Mungkin kita sering mendengarkan kalimat ini sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT dan saat seseorang selesai mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan. Kalimat Alhamdulillah merupakan salah satu dari tujuh kalimat yang mulia untuk diucapkan.

Mau Surga? Ucapkanlah Kalimat “Alhamdulillah”

Islam mengajarkan pada umatnya untuk selalu mengingat Allah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan selalu mengucapkan kalimat dzikir. Setiap kalimat dzikir memiliki keutamaan dan rahasia dimana hanya Allah yang mengetahuinya. Seperti halnya dengan kalimat dzikir “Alhamdulillah”. Kita dianjurkan untuk mengucapkan kalimat ini saat mendapatkan kenikmatan.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai kalimat “Alhamdulillah”.
- Kalimat dzikir yang wajib diucapkan setiap harinya. Kalimat ini termasuk dalam surat Al-Fatihah dimana ketika kita shalat pasti membaca kalimat ini. Tidak sah shalat kita jika tidak membaca Al-Fatihah.

- Merupakan salah satu perintah Allah pada para nabi. Setiap mendapatkan nikmat maka jangan lupa untuk mengucapkan hamdallah.

Beberapa kisah para Nabi mengenai keajaiban Alhamdullilah:
- Satu ayat dalam Al-Qur’an menceritakan kisah Nabi Ibrahim yang tak lupa mengucapkan Alhamdulillah saat dianugerahi keturunan, yakni Ismail dan Ishaq di hari tua Nabi Ibrahim. Sungguh Allah Maha Mendengar doa.

- Sebuah surat menjelaskan kisah Nabi Nuh dimana jika kita dan orang-orang disekitar berada di atas kapal, maka ucapkanlah hamdallah karena telah menyelamatkannya dari orang-orang dzalim.

- Begitu juga dengan Nabi Daud dan Sulaiman yang diberikan ilmu oleh Allah. Surat itu mengatakan bahwa Allah telah memberikan mereka ilmu dan mereka mengucapkan hamdallah, segala puji bagi Allah yang memberikan kelebihan bagi mereka dari banyaknya orang yang beriman.

- Allah juga memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mengucapkan hamdallah. Al-Qur’an menyebutkan beberapa kejadian, seperti:

1. Saat memberi salam pada hamba yang terpuluh dan untuk menafikkan syirik
Sebuah surat berisi perintah Allah kepada Rasulullah untuk mengucapkan Alhamdulillah dan salam sejahtera bagi hamba-hamba pilihan-Nya. Kemudian ada kalimat tanya apakah Allah yang lebih baik atau apa yang mereka sembah (persekutukan dengan Allah). Tentu saja Allah Sang Maha Kuasa.

2. Saat berada di depan pintu surga
Di sebuah surat dijelaskan ketika para ahli surga berada di depan pintu surga, maka mereka mengucapkan hamdallah karena telah menunjukkan surga pada mereka. Apabila bukan Allah yang memberikan petunjuk maka mereka tidak akan berada di jalan kebenaran. Inilah kalimat ahli surga.

3. Saat menyampaikan ke-Esaan-Nya
Dalam Al-Qur’an dijelaskan untuk kita mengucapkan segala puji bagi Allah yang tidak memiliki anak ataupun sekutu dalam kerajaan-Nya. Allah juga tidak membutuhkan pertolongan dari hinaan maka agungkan Allah seagung-agungnya.

4. Saat membicarakan mengenai tanda-tanda kebesaran-Nya
Suatu surat mengatakan perintah Allah kepada Nabi Muhammad untuk mengucapkan Alhamdulillah maka Allah akan menunjukkan kebesaran-Nya dan kita akan mengetahuinya. Sungguh Allah tidak akan pernah lengah terhadap apa yang kita lakukan.

5. Saat membicarakan keagungan Allah
Allah telah menciptakan alam semesta ini, air yang mengalir, air yang turun dari langit, dihidupkannya bumi yang telah mati, menciptakan langit, dan segala keagungan lainnya, maka ucapkanlah hamdallah.

6. Sebagai penutup doa ahli surga
Sebuah surat menjelaskan bahwa doa penutup bagi mereka adalah Alhamdulillahi Rabbil alamin. Pujian ini hanya pantas diberikan pada Allah di dunia sampai akhirat karena Dialah Tuhan Semesta Alam.

Demikian jika mau surga ucapkanlah kalimat “Alhamdulillah” ini agar mendapatkan jalan ke pintu surga.
0 Komentar untuk "Mau Surga? Ucapkanlah Kalimat “Alhamdulillah”"

Back To Top