Anda Harus Tahu, Islam Juga Menjamin Hak Asasi Binatang


Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan dikatakan bahwa hewan menjadi penopang kehidupan kita. Oleh karena itu tidak mengherankan jika Islam memerintahkan kita untuk berperilaku baik dengan hewan. Apabila kita lihat dalam Al-Qur’an maka kita akan menemukan beberapa nama hewan di dalamnya, seperti Al-Baqarah, An Nahl, An An’am dan lain sebagainya.

Anda Harus Tahu, Islam Juga Menjamin Hak Asasi Binatang

Allah telah menciptakan binatang sebagai makhluk hidup yang sama dengan kita dimana mereka harus diperlakukan dengan baik. Islam mengatur hak-hak yang dimiliki binatang agar kita memperlakukannya dengan baik. Seperti halnya pahala memelihara kucing dalam Islam cukup besar jika kita melakukannya dengan baik.

Al-Qur’an menjelaskan bahwa Allah telah menciptakan hewan ternak untuk kita. Beberapa hewan itu memiliki bulu yang dapat menghangatkan, gading yang bisa dimakan, dan manfaat lainnya. Selain itu, hewan membuat pemandangan kita lebih indah, ketika hewan itu dimasukkan kandang dan ketika digembala. Hewan itu juga dapat memikul beban ke suatu negara dimana kita tidak dapat membawa beban itu. Sungguh Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Sebuah hadits menjelaskan sabda Rasulullah, suatu ketika ada seorang nabi yang sedang berteduh di bawah pohon. Kemudian Nabi itu digigit semut. Sang nabi langsung mengeluarkan barang bawaannya dan akan membakar sarang semut itu. Saat itu pula Allah menurunkan wahyunya yang mengatakan bahwa kenapa sang Nabi tidak membunuh satu semut saja. Inilah hadits menyayangi hewan.

Hadits tersebut menjelaskan bahwa kita harus menjaga dan melindungi sarang semut dari kerusakan. Apabila Nabi itu hanya membunuh satu semut saja maka Allah tidak akan mencelanya. Selain itu, salah satu bentuk kita menjaga dan melindungi binatang adalah dengan tidak menggunakan binatang sebagai sasaran saat melempar. Seperti yang ada di dalam hadits bahwa Rasulullah melaknat mereka yang menjadikan makhluk hidup sebagai sasaran (menembak, memanah, dan lain sebagainya).

Hak lain yang dimiliki oleh binatang adalah hak pemeliharaan. Sebuah kisah menceritakan bahwa ada seorang wanita yang masuk ke dalam neraka karena ia telah mengurung kucing hingga mati karena wanita itu tidak memberikannya makan dan minum. Bahkan ia tidak melepas kucingnya agar bisa mencari makan serangga.

Hak lainnya adalah hak kasih sayang. Islam mengajarkan pada kita untuk saling menyayangi, tidak hanya dengan manusia saja tapi juga dengan makhluk hidup yang lain, yakni binatang. Sebuah kisah menceritakan bahwa ada seorang lelaki yang membaringkan kambing untuk disembelih dan dia pun menajamkan atau mengasah pisau di dekatnya. Kemudian Rasulullah bersabda apakah laki-laki itu akan membunuh kambing dua kali, kenapa laki-laki itu tidak menajamkan pisau sebelum menyembelihnya. Menyayangi binatang menurut Islam adalah memeliharanya dengan baik dengan menggunakan hati.

Hak makan dan minum untuk binatang adalah hak mutlak yang harus diberikan pada makhluk hidup, Tanpa makan dan minum maka hewan itu tidak akan bisa hidup.

Hak untuk tidak didzalimi juga harus dipenuhi karena tidak ada satu makhluk pun yang ingin didzalimi. Umar pernah melihat laki-laki yang memberikan beban begitu berat dan ia pun langsung menegurnya mengapa ia memberikan beban yang berat pada unta dimana unta itu tidak sanggup membawanya.

Hak lainnya yang juga harus dipenuhi adalah hak penjagaan dari sakit, hak untuk tidak diubah fisiknya, dan hak mendapatkan lingkungan. Demikian Anda harus tahu, mengapa Islam juga menjamin hak asasi binatang.
0 Komentar untuk "Anda Harus Tahu, Islam Juga Menjamin Hak Asasi Binatang"

Back To Top