Inilah Sahabat Nabi yang Bisa Mendengar Siksa Kubur


Setelah meninggal dunia, maka kita hanya akan sendiri di alam kubur. Tidak ada yang bisa menemani kita. Semua keluarga, teman, dan kerabat akan meninggalkan kita, terlebih dengan harta benda. Alam kubur merupakan alam yang harus kita lalui sebelum menuju kehidupan akhirat. Di dalamnya telah ada dua malaikat, Munkar dan Nakir yang akan memberikan adzab di alam kubur bagi pendosa. Alam kubur adalah alam yang dihuni oleh para manusia yang telah mati. Di dalamnya, akan ada malaikat Munkar dan Nakir yang memberikan beberapa pertanyaan mengenai keimanan kita. Apabila di dunia kita melakukan banyak dosa maka mereka akan memberikan siksa kubur yang begitu pedih. Siksaan di alam kubur dapat didengar oleh para binatang. Sedangkan, manusia dan jin tidak dapat mengetahuinya. Berbeda halnya dengan sahabat Rasul yang memiliki kelebihan istimewa ini. Ia bernama Ya'la bin Marrah.

Inilah Sahabat Nabi yang Bisa Mendengar Siksa Kubur

Dia memiliki kelebihan dalam mendengar jeritan dan siksaan yang begitu pedih di alam kubur. Padahal, saat ada binatang di samping kubur yang mendapatkan siksa maka binatang itu pun lompat-lompat ketakutan karena betapa mengerikannya siksaan malaikat di alam kubur, meskipun siksa dari Allah lebih mengerikan. Hanya orang-orang tertentu yang akan diberikan anugerah luar biasa dari Allah. Salah satunya adalah sahabat Rasul yang taat dan saleh ini. Ia memiliki sikap yang baik dan iman yang kuat. Ya'la merupakan sahabat Rasul yang taat beribadah kepada Allah. Ia sangat istiqomah dalam melakukan kebaikan dan amalan sehari-hari. Seperti para sahabat Rasul yang lain, ia juga zuhud terhadap dunia. Kenikmatan dunia tidak lantas membuatnya lupa kepada Allah, bahkan ia semakin bersyukur atas kenikmatan tersebut.

Suatu hari, Ya'la sedang berjalan bersama dengan Rasulullah SAW. Saat itu, mereka melewati sebuah pemakaman. Di sanalah, Ya'la mendengar berbagai jeritan yang menyakitkan. Meskipun ketika itu, ia belum menanyakan apa yang didengarnya kepada Rasul, tapi karena penasaran yang besar membuatnya harus bertanya hal tersebut pada Rasul SAW. Ya'la mengatakan bahwa, ia mendengar jeritan kesakitan dari alam kubur. Rasul memastikannya apakah benar Ya'la mendengarnya dari alam kubur. Rasulullah menanyakan hal tersebut karena tak semua orang memiliki kelebihan itu, termasuk sahabat Rasul yang lain.

Kemudian Rasul mengatakan bahwa sesungguhnya mereka mendapatkan siksa kubur karena hal yang sepele. Penasaran Ya'la semakin tinggi dan ia bertanya hal sepele apakah yang membuat jenazah itu mendapatkan siksa. Ternyata hal itu adalah adu domba dan kencing.

Berdasarkan penjelasan kisah nyata siksa kubur di atas, kita tahu bahwa setiap manusia akan masuk ke alam kubur. Segala hal dapat terjadi di alam kubur, baik siksa ataupun nikmat. Bagi mereka yang melakukan banyak dosa di dunia maka siksaan akan menantinya di alam kubur.

Oleh karena itu, selama kita masih diberikan usia maka kita harus memanfaatkan waktu itu untuk melakukan ibadah dan amalan kepada Allah SWT. Ingatlah bahwa siksa kubur dan akhirat sangatlah pedih sehingga kita dapat berhenti saat hendak melakukan perbuatan dosa.
0 Komentar untuk "Inilah Sahabat Nabi yang Bisa Mendengar Siksa Kubur"

Back To Top