Manfaat Air Hujan Untuk Makhluk Allah


Air adalah hal yang sangat penting bagi makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya. Oleh karena itu, adanya air menjadi salah satu pendukung kehidupan di dunia ini. Manfaat air hujan untuk makhluk Allah haruslah kita ketahui agar kita dapat bersyukur atas segala yang diberikan oleh Allah SWT.

Manfaat Air Hujan Untuk Makhluk Allah

Setiap tahun pasti akan ada hujan yang turun, terlebih di negara Indonesia yang termasuk dalam negara tropis. Air hujan memiliki manfaat bagi kehidupan makhluk hidup.

Berikut ini adalah manfaat air hujan bagi kehidupan, yaitu:

1. Air hujan adalah tawar
Dalam friman-Nya, Allah bertanya tentang air yang kita minum. Apakah kita yang menurunkannya dari langit atau Allah yang menurunkannya. Apabila Allah menjadikan air hujan dengan rasa asin dan pahit, maka adakah dari kita yang bisa mengubahnya menjadi air tawar.

Seperti yang kita tahu bahwa air hujan beraasal dari penguapan air, 97% adalah penguapan air laut yang asin. Tapi Allah tetap menjadikan air hujan sebagai air tawar karena adanya hukum fisika sesuai ketetapan Allah. Berdasarkan hukum Allah inilah yang membuat dari apapun air berasal, baik air danau dengan berbagai mineral, air laut yang asin ataupun lumpur, maka air hujan tetap tidak mengandung bahan lain. Air hujan tetap jatuh dengan bersih dan murni.

2. Air hujan memberikan kehidupan bagi tanah yang mati
Sebuah dalil menjelaskan bahwa Allah telah menurunkan air hujan yang bersih dari atas langit. Air hujan itu akan membuat tanah yang tandus menjadi subur. Dengan air hujan itu pula, Allah memberi minum pada makhluk, termasuk hewan ternak dan manusia. Selain itu, air hujan juga berguna untuk menyuburkan tanah karena beberapa kandungan yang bermanfaat sehingga satu tetes air hujan saja dapat disebut sebagai tetesan tegangan permukaan. Air mengandung garam-garam mineral yang merupakan salah satu bahan di dalam pupuk konvensional (kalium, magnesium, kalsium, dan lain sebagainya). Selain itu, logam berat yang termasuk dalam tipe aerosol ini dapat meningkatkan kesuburan dalam perkembangan ataupun produksi tanaman.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu bahwa air hujan sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Ringkasnya, hujan merupakan penyubur yang begitu penting. Bahkan, ada tanah yang tandus selama seratus tahun lebih bisa merubah menjadi tanah yang subur dan kaya dengan unsur esensial untuk tanah, karena kandungan seperti pupuk yang ikut turun sat air hujan turun. Hutan pun menjadi lebat dan berkembang karena makan dari zat aerosol dari laut. Ini manfaat air hujan untuk kehidupan kita.

Jika kita perhatikan, maka sudah 150 juta ton pupuk yang turun ke permukaan bumi tiap tahunnya. Bayangkan jika air hujan tidak turun dan tidak membawa makan untuk tumbuhan, maka kehidupan di bumi tidak akan seindah ini dan dapat mengganggu keseimbangan ekologi.

Sebuah surat menjelaskan hikmah diturunkannya hujan bahwa Tuhan telah menciptakan bumi dengan permukaan yang datar sehingga kita bisa berjalan di atasnya dengan berbagai jalan. Tuhan telah menurunkan hujan dari atas langit dan Dia menumbuhkan bermacam-macam tumbuhan dengan berpasang-pasangan.

Sungguh, nikmat apa lagi yang kita dustakan. Allah selalu memberikan kenikmatan dan rahmat yang melimpah. Sudah sepatutnya kita mensyukuri dengan senantiasa beribadah dan beramal. Lihatlah lingkungan sekitar maka kita akan menemukan segala nikmat yang harus kita syukuri.
0 Komentar untuk "Manfaat Air Hujan Untuk Makhluk Allah"

Back To Top