7 Pujian Allah Terhadap Orang yang Mendalam Ilmunya


Allah menyukai hamba-Nya yang selalu menuntut ilmu dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Allah tidak membatasi kita untuk mempelajari ilmu agama saja, tapi juga ilmu dunia, seperti ilmu Astronomi, Ilmu Matematika, Ilmu Fisika dan ilmu lainnya.

7 Pujian Allah Terhadap Orang yang Mendalam Ilmunya

Apa Saja 7 Pujian Allah terhadap Orang yang Mendalam Ilmunya?
Sebuah hadits keutamaan menuntut ilmu menjelaskan bahwa Allah telah menurunkan kitab suci Al-Qur’an pada hamba-Nya. Di dalamnya terdapat isi pokok Al-Qur’an atau muhkamaat dan ayat-ayat lainnya atau yang sering disebut dengan mutasyaabihat. Orang yang condong pada kesesatan maka ia akan mengikuti sebagian dari ayat-ayat mutasyaabihat dibandingkan untuk memunculkan fitnah guna mencari ta’wilnya, padahal hanya Allah yang mengetahui ta’wil tersebut. Kemudian orang-orang yang mendalam ilmunya mengatakan bahwa mereka beriman pada ayat-ayat mutasyaabihaat dari sisi Allah. Tidak ada yang bisa mengambil pelajaran kecuali mereka yang berakal. Kemudian mereka berdoa pada Allah agar tidak dijadikan hati yang condong pada kesesatan setelah diberikan petunjuk oleh-Nya dan semoga Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka karena sesungguhnya Allah adalah Maha Pemberi Karunia.

Berikut ini adalah 7 pujian yang diberikan Allah kepada orang-orang yang mendalam ilmunya:

1. Ilmu
Apabila kita mendalami suatu ilmu maka kita akan mendapatkan ilmu tersebut. Begitu pula saat kita menuntut ilmu agama, maka kita akan mendapatkan ilmu mengenai hukum-hukum dan syariat yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

2. Orang yang meminta ampunan dan pertolongan
Dengan ilmu yang dimiliki mereka semakin merasa berdosa dan banyak melakukan kesalahan karena instropeksi yang selalu dilakukannya. Oleh karena itu, ia memohon ampunan dan pertolongan pada Allah agar terhindar dari segala keburukan dan orang-orang yang sesat maupun menyimpang.

3. Kedalaman ilmu
Manfaat ini lebih tinggi derajatnya daripada sekedar ilmu. Apabila ilmu kita sudah mendalam maka ilmu tersebut telah kokoh dan dapat diaplikasikan dengan bijaksana. Allah akan memberikan ilmu, baik berupa zhahir ataupun yang batin. Kedalaman ilmu ini dapat mengungkapkan segala hal yang masih samar atau masih ragu-ragu, baik dalam berbagai keadaan, perbuaran dan ilmu.

4. Allah menyifati mereka
Mereka yang berilmu akan beriman pada seluruh kitab suci Al-Qur’an dan mereka selalu mengembalikan ayat yang mutasyaabihaat pada ayat yang muhkamat. Kemudian mereka mengatakan bahwa mereka beriman pada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya adalah dari sisi Allah SWT.

5. Orang yang beriman dan takut pada-Nya
Allah memberikan kabar bahwa mereka adalah orang yang beriman dan yakin pada hari akhir dan mereka takut pada Allah.

6. Orang yang mengakui nikmat Allah 
Mereka senantiasa mengakui kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah yang berupa hidayah dengan mengatakan bahwa janganlah Dia menjadikan hati mereka condong pada kesesatan setelah Allah memberikan mereka petunjuk.

7. Orang yang meminta limpahan rahmat
Mereka juga selalu meminta limpahan rahmat dari Allah yang terdiri dari semua kebaikan dan terhindar dari segala keburukan. Mereka senantiasa bertawassul atas nama Allah, yakni Al Wahhab.

Berdasarkan penjelasan keutamaan ilmu dalam Islam di atas, tidakkah kita ingin pujian-pujian dari Allah yang begitu luar biasa. Oleh karena itu, menuntut ilmu tidak hanya terbatas pada ilmu agama ataupun sesuai dengan usia kita. Selagi masih hidup, kita masih memiliki kewajiban untuk selalu menuntyut ilmu, bahkan dikatakan hingga ke negeri China.
0 Komentar untuk "7 Pujian Allah Terhadap Orang yang Mendalam Ilmunya"

Back To Top