Mengungkap Misteri Lukisan Monalisa

Mengungkap Misteri Lukisan Monalisa - Hay Sobat Kumpulan Misteri Dunia, topik pembahasan kita kali ini adalah seputar Lukisan Monalisa. Banyak orang tidak mengetahui bahwasanya dibalik keanggunan wanita dalam Lukisan tersebut tersimpan sebuah misteri besar yang akan coba kita ungkap dalam pembahasan kita nantinya. Berikut penjelasan singkat mengenai Lukisan Monalisa tersebut.

Mengungkap Misteri Lukisan Monalisa - Kumpulan Misteri Dunia

Lukisan Monalisa merupakan sebuah karya seni yang sangat fenomenal dimana lukisan ini dibuat oleh Leonardo Da Vinci. Usia Lukisan ini sudah lebih dari 500 tahun, dan sekarang keberadaannya ditempatkan di museum Louvre di Paris, Prancis. Lukisan minyak diatas kayu poplar dengan objek wanita cantik ini terlihat merapatkan kedua belah tangannya dan tubuhnya menghadap ke arah pelukis.

Pelukis Monalisa 'Da Vinci' menyelesaikan maha karya nya ini tidak dalam waktu yang singkat, banyak sekali proses yang terjadi dalam pengerjaannya. Penekanan dalam setiap detail lukisannya menyebabkan karyanya ini baru selesai dalam waktu 4 tahun. Lukisan Monalisa karya Da Vinci berukuran panjang 77 cm dan lebar 53 cm. 500 tahun telah berlalu, kini karya Da Vinci tersebut menjadi objek wisata dari jutaan wisatawan seluruh dunia. Museum Louvre hampir tak pernah sepi dari wisatawan yang hanya sekedar ingin melihat wujud asli Lukisan Monalisa tersebut. Selain kekaguman akan maha karya yang indah ini, misteri yang ada pada Lukisan Monalisa juga menjadi daya tarik lain dari banyaknya wisatawan yang datang. 

Sudah pasti banyak orang bertanya-tanya akan kejanggalan yang ada pada lukisan tersebut. Jika kita perhatikan secara seksama pada raut wajah lukisan itu, jarang sekali manusia mempunyai senyuman semisterius senyuman Mona Lisa. Senyuman itu nampak berbeda jika dilihat dari sudut yang berlainan.

Tak khayal hal itu menjadi objek menarik bagi peneliti di dunia. Para ahli seni dan psikologi mengartikan makna dibalik senyuman misterius tersebut dengan bermacam-macam persepsi. Hampir setiap sudut dari lukisan tersebut diteliti secara detail demi membongkar rahasia yang ada. Tidak cukup secara kasat mata, teknologi pun dihadirkan dalam penelitian ini. Objek Monalisa direka ulang demi mengetahui perasaan wanita dalam lukisan tersebut saat ia melepas senyuman yang sangat aneh itu.

Universitas Illinois dan Universitas Amsterdam adalah Universitas mengeluarkan sebuah program komputer yang khusus ingin membandingkan ekspresi Mona Lisa dengan ekspresi wajah manusia normal biasanya. Mulai dari kerutan mata, lengkungan di bibir, diukur dengan sangat teliti oleh program tersebut. Akhirnya program yang diberi nama 'pengenal emosi' itu memperoleh kesimpulan bahwa sosok wanita yang dikenal sebagai Mona Lisa dalam lukisan tersebut sedang dalam kondisi gembira secara emosional dengan angka 83%, sedang dalam perasaan kesal 9%, sedang dalam rasa takut 6%, dan sedang dalam emosi marah dalam angka 2%.

Tahun 2003, Seorang ilmuan dari Harvard University menuturkan bahwa posisi matanya melihat mengakibatkan senyuman Mona Lisa hanya tampak unik saat seseorang melihat sisi lain dari lukisan itu. 

Sekumpulan peneliti dari Kanada baru-baru ini berpendapat bahwa senyuman dari Lukisan Monalisa adalah sebuah tanda dari kegembiraan model objek lukisan yang baru saja melahirkan dua orang anaknya. Yaaah, semakin aneh saja yaa.. Tapi pendapat tersebut katanya bukan asal-asalan aja lo, peneliti mengamati secara seksama bagian tiap bagian pada lukisan tersebut. Dari pengamatan mereka, nampak bahwa baju yang digunakan oleh Monalisa dilapisi kain kasa lutsinar, dikarenakan kain jenis ini banyak digunakan oleh wanita asal Italia yang sedang mengandung atau baru saja melahirkan pada abad ke-16.

Mata dari Mona Lisa selalu tertuju kepada setiap pengunjung yang melihat lukisan ini dari berbagai sudut, dan inilah sisi lain misteri dari lukisan tersebut terlepas dari senyumannya yang juga aneh dan misterius.

Namun ada sebuah hal yang menjadi misteri paling besar selain bentuk raut wajah dan senyumannya, apa itu ? Tidak lain dan tidak bukan adalah siapa sebenarnya sosok wanita yang ada dalam lukisan Leonardo Da Vinci tersebut ?

Ada teori yang mengaitkan bahwa model yang ada pada lukisan Da Vinci tersebut adalah seorang model yang bernama Lisa Ghererdhini, yang merupakan istri dari seorang pedagang 'Fransesco de Giocondo'. Madam Lisa adalah sebuah nama asli yang digunakan pada nama Mona Lisa dilukisan tersebut. Selain Lisa Ghererdini, ada wanita lain yang dikaitkan dengan sosok asli wanita pada lukisan itu, diantarany adalah Caterina Sforza, Constanza d’Avalos, dan Isabella of Aragon.

Serge Bramly yang adalah seorang penulis ternama berteori bahwa model dalam lukisan tersebut adalah ibu kandung dari Leonardo Da Vinci yang bernama Caterina. Selain itu pengkaji seni menyebutkan sosok Mona Lisa yang ada dalam lukisan itu tidak menunjukkan ke wanita manapun, hal itu adalah merupakan kreatifitas dari Da Vinci sendiri menurutnya. 

Pada akhirnya muncul sebuah teori yang mencengangkan dunia, teori ini diungkapkan oleh Dr. Lillian Schwartz dari Bell Labs bahwasanya gambar perempuan dalam lukisan Mona Lisa tersebut adalah wujud dari Da Vinci sendiri, tapi dalam bentuk menyerupai wanita.  

Setelah membaca pendapat dari pengkaji seni dan psikologi diatas, jelas Misteri Lukisan Mona Lisa masih menjadi sebuah misteri besar terutama objek wanita dalam lukisan tersebut. Tapi walau bagaimanapun biarlah hal ini menjadi sebuah dinamika yang membuat cerita ini menjadi menarik. Menurut saya sendiri siapa yang ada dalam lukisan tersebut hanya Leonardo Da Vinci dan Tuhan lah yang tahu..
Tag : History
2 Komentar untuk "Mengungkap Misteri Lukisan Monalisa"

Kayaknya lukisan mona lisa....
Gw liat dr atas,bawah,kiri dn kanan
Mandangin gw dech....

Back To Top