5 Misteri Candi Borobudur dan Kajiannya Dalam Islam

5 Misteri Candi Borobudur dan Kajiannya Dalam Islam - Sebagai orang Indonesia kita harusnya bangga memiliki sebuah bangunan bersejarah seperti Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Namun ada yang unik dari bangunan candi borobudur ini. Ternyata candi yang didirikan pada abad ke-8 ini menyimpan misteri-misteri dan keanehan didalamnya.

Dalam postingan kali ini admin akan menjabarkan apa-apa saja hal misteri yang ada pada Candi Borobudur. Dirangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, berikut ini 5 misteri tersebut :

1. Piramida Sempurna
Piramida Sempurna

Jika dilihat dari segi arsitektur bangunan Candi Borobudur, sangat mengejutkan bahwa hanya candi borobudur yang memiliki arsitektur bangunan yang berbeda dari bangunan-bangunan yang ada diseluruh dunia. Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana bangunan ini didirikan dalam kajian arsitekturnya.

Sebuah piramida raksasa yang terdapat di Mesir tidaklah serupa dengan piramida yang dimiliki candi borobudur ataupun dengan piramida di meksiko. Piramida Candi Borobudur berbentuk atau serupa dengan punden berundak yang disebutkan tidak ada yang menyamainya bahkan negara India sekalipun. 

2. Misteri Pembangunan Candi Borobudur
Misteri Pembangunan Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi misteri dalam hal pembangunannya. Mengapa demikian ? Hal ini menjadi sebuah keanehan yang nyata karena dianggap tidak ada satu orang pun sampai saat ini yang mengetahui bagaimana cara pembangunan Candi Borobudur ini. Sudah banyak ilmuwan dari seluruh penjuru dunia yang datang namun tidak satupun yang berhasil mengungkap cara pembanguna bangunan bersejarah ini.

3. Danau Purba
Danau Purba

Para peneliti mengemukakan fakta geologi yang menyatakan bahwa di kawasan Candi Borobudur terdapat sebuah sumur yang memiliki air yang asin pada titik-titik tertentu. Peneliti memperkirakan bahwa candi borobudur merupakan sebuah bangunan yang didirikan ditengah danau purba. Banyak peneliti dan ilmuan berdatangan untuk meneliti keanehan danau tersebut karena keanehan yang dimilikinya. 

4. Tertimbun Timbunan Letusan Gunung Merapi
Tertimbun Timbunan Letusan Gunung Merapi

Misteri selanjutnya adalah berasal dari letusan gunung merapi yang menyebabkan hilangnya Candi Borobudur. Pada tahun 1006 Borobudur tertimpa letusan gunung merapi dan disebutkan hilang dari peradaban. Tapi pada tahun 1814 secara tiba-tiba Candi Borobudur ditemukan kembali di belantara hutan tropis.

5. Misteri Angka Satu Candi Borobudur
Misteri Angka Satu Candi Borobudur

Jika diamati secara matematik, beberapa bilangan yang ada dari candi ini jika dijumlahkan angkanya akan selalu menghasilkan angka 1. Perhitungannya adalah seperti berikut ini :


  • Total dari tingkatan candi borobudur adalah 10, jika 10 tersebut dijumlahkan hasilnya : 1 + 0 = 1.
  • Total stupa di arupadhatu yang ada patung-patung didalamnya ada : 32 + 24 + 16 + 1 = 73, angka 73 bila dijumlahkan hasilnya: 10 dan seperti diatas 1 + 0 = 1.
  • Keseluruhan jumlah total patung di Candi Borobudur ada 505 buah. Bila angka-angka didalamnya dijumlahkan, hasilnya 5 + 0 + 5 = 10 dan juga seperti diatas 1 + 0 = 1.
Misteri Candi Borobudur Dalam kajian Islam
Dalam Surat SABA atau surat ke-18 ayat ke-34 :

وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ الْقُرَى الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا قُرًى ظَاهِرَةً وَقَدَّرْنَا فِيهَا السَّيْرَ سِيرُوا فِيهَا لَيَالِيَ وَأَيَّاماً آمِنِينَ
Berjalanlah padanya beberapa malam dan siang dengan aman (QS.34 ayat 18)

Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli terungkap bahwa yang disebutkan Negeri Saba dalam ayat Al-Quran tersebut adalah negeri Indonesia. dengan pulau jawa sebaga pusat pemerintahannya. Arsy Saba adalah candi borobudur yang dipindahkan dari candi ratu boko yang dipindahkan atas perintah Nabi Sulaiman a.s. Padahal selama ini orang mengira arsy saba terletak di Yaman.

Untuk menguatkan fakta tersebut, terdapat 12 poin penting yang menjadi bukti bahwa Negeri Saba berada di Jawa bukanlah di Yaman. Hal ini tertuang dalam Al-Quran.


Menurut sejarahnya, Candi Borobudur didirikan pada abad ke 8. Namun menurut teori masa lalu, yaitu penelitian yang dilakukan pada batuan yang terdapat di candi tersebut menarik kesimpulan bahwa candi borobudur tidak dapat dihitung umurnya menggunakan isotop C, sehingga muncul hipotesa bahwa Candi Borobudur tidaklah dibangun pada abad ke-8.

Janganlah lupa, bahwa ‘Phenomena 19’ yang disebutkan dalam Al-Quran tersebut berasal dari kalimat : Bismillaahhirrahmaanirrahiim', yang terdapat 19 huruf didalamnya.

Kalimat tersebut beliau kirimkan kepada Ratu Saba dalam kop surat yang diberikannya. Berikut isi surat yang disampaikan Nabi Sulaiman :”Allaa ta’luu ‘alaiyya, wa’tuunii muslimin” (Jangan menyombong kepada ku dan datanglah kepada ku dengan menyerah diri).

Dapat diambil kesimpulan bahwa Phenomena 19 itu sudah diketahui oleh Nabi Sulaiman. Oleh karena itulah terdapat Phenomena 19 pada Candi Borobudur ini.

Oleh karena pembuatan Candi Borobudur dibuat oleh manusia dan juga makhluk sebangsa Jin, maka segaris lurusnya antara 3 candi yaitu : Pawon, Mendut dan Borobudur, bukanlah sebuah hal kebetulan. Karena Jin dapat melihatnya dari atas.

Untuk apa mereka membuat ketiga candi itu segaris lurus ?
Mereka membuat ketiga candi itu segaris lurus adalah untuk membuat sebuah gambar Gerhana. Dengan demikian mereka memberitakan bahwa Candi Borobudur itu adalah gambar Matahari, sedangkan Candi Mendut adalah gambar Bumi. Itu sebabnya mengapa Candi Mendut mewakili golongan manusia. Dimana pada candi tersebut, terdapat sebuah patung berwujud manusia, disamping itu karena sebagai wakil penduduk bumi adalah manusia.

Mengapa Borobudur itu merupakan gambar matahari ? Hal itu dikarenakan si Ratu Saba’ itu, dahulunya menyembah matahari, sehingga singgasana atau ‘Arsy dia pergunakan bernuansa matahari.

Mengapa candi-candi itu menggambarkan Mihrab-Mihrab?? Ya begitu disebut di dalam Al-Quran, jin-jin yang bekerja atas paksaan Sulaiman itu, mereka membuat mihrab-mihrab

وَلِسُلَيْمَانَ الرِّيحَ غُدُوُّهَا شَهْرٌ وَرَوَاحُهَا شَهْرٌ وَأَسَلْنَا لَهُ عَيْنَ الْقِطْرِ وَمِنَ الْجِنِّ مَن يَعْمَلُ بَيْنَ يَدَيْهِ بِإِذْنِ رَبِّهِ وَمَن يَزِغْ مِنْهُمْ عَنْ أَمْرِنَا نُذِقْهُ مِنْ عَذَابِ السَّعِيرِ
(١٢)

يَعْمَلُونَ لَهُ مَا يَشَاءُ مِن مَّحَارِيبَ وَتَمَاثِيلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُورٍ رَّاسِيَاتٍ اعْمَلُوا آلَ دَاوُودَ شُكْراً وَقَلِيلٌ مِّنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ
(١٣)

12. Dan untuk Sulaiman, angin bertiup pada pagi hari sebulan dan bertiup pada petang hari sebulan. Dan kami alirkan baginya mata air dari tembaga, dan kami mudahkan sebagian dari Jin bekerja di hadapannya dengan izin Tuhannya, dan siapa dari mereka berpaling dari perintah kami, niscaya kami rasakan baginya dari azab api yang bernyala.

13. Mereka kerjakan untuknya apa yang ia kehendaki dari Mihrab-Mihrab dan Patung-patung dan Piring-piring seperti Kolam-Kolam dan Kuali-Kuali yang tetap ………………
(Al-Quran, surat Saba’, ke 34 ayat 12-13)

Adalah Fahmi Basya yang memiliki pendapat Candi Borobudur itu adalah sebuah peninggalan dari Nabi Sulaiman. 

Nah, demikianlah penjelasan singkat dan padat mengenai 5 Misteri Candi Borobudur dan Kajiannya Dalam Islam. Semoga artikel ini dapat menjadi penambah pengetahuan dan wawasan Sobat semua.
37 Komentar untuk "5 Misteri Candi Borobudur dan Kajiannya Dalam Islam"

hahaang ahaahha...........ulusan yang anda buat menarik....tapi terlalu dipaksakan....
dan paling membuat kita tertawa..dibuat dengan bantuan jin......hahahaha.....yang benar aja..
dalam islam manusia lebih tinggi dari bangsa jin dan sejenisnya. kok kenapa kita minta bantuan buat membuat tempat sembahyang ?....anda menghina apa ada maksud lain di balik ini?... liat kyai anda aja ada yang bisa terbang. apalagi orang suci jaman dulu.
hahahahaha......

Pakai teory nya jaya suprana ...lmfao

betul manusia lbih tinggi dri bangsa apapun,, itu knapa bangsa apapun bisa diperintah melakukan pekerjaan yg tdk bsa dilakukan oleh manusia bro... jika kita berbicara derajat itu bukan berdsrkn kekuatan pisik atau sehebat apa makhluq itu mengangkat atau membuat sesuatu bro.. tpi lbh kpada khormatan manusia, amanah tuhan, bahwa manusia yg diberi kelebihan dri makhluq yg lain,, makhluq nyata yg berakal yg mampu merusak atau memelihara isi dunia adalah manusia, sdngkn jin setan dn sjenisnya adlh makhluq kasat mata.. teori diatas mendekati kebenaran, tinggal tergantung pda kkeyakinan dan teori apa yg kta pakai, jika hanya berdasarkn sejarah nenek moyang itu tdk bsa dijadikan patokan apalagi hnya katanya, tdk berdsrkn realita dlm kitab ataupun dalil penguat yng tdk pernah berubah sampai kpn pun, sperti alqur'an sampai kpanpun tdk akan dan tdk mampu manusia merubahnya, wallau'alamu bishowafh....

Lebih baik dicari terlebih dahulu sumber-sumber yang sahih, jangan terburu-buru .... apakah ada keterangan-keterangan yang bisa dipercaya bahwa candi Borobudur itu dibuat jaman Nabi Sulaiman...wallahu a'lam.

Jika begitu, Nabi Sulaiman menganut keyakinan Agama Buddha? Sebaiknya ditelaah kembali kebenarannya bukan hanya dengan tafsiran dan persamaan yang tertulis.

Nabi sulaiman adalah muslim yang di ridhoi oleh Allah. Ia memang gemar membuat patung dan masyarakat pada zaman nya memang menyembah berhala, anda bisa pahami lg dengan membaca Al-quran

Fahmi basya telah melakukan penelitian selama 30 taun.. awal nya saya tidak percaya.. setelah melihat penjelasan versi video dari fahmi saya sekarang 100% yakin .
SEKARANG KU SURUH KAU CARI SENDIRI KEBENARAN NYA.. JANGAN SUR7H ORG CARI LAGI SEPERTI KOMENT KAU.. CARI DI YUOTUBE..

Oo Jadi anda yakin candi ini peninggalan budha??wkwk.. soal patung itu pada masa nabi sulaiman memang blom ada larangan..itu larangan timbul pada masa nabi ibrahim

Nabi yg memerintahkan jin tuh nabi sulaiman... Apa anda sadar warga indonesia bnyak yg percaya setan2 atau klenik smacam na... Tp d luar negeri ada ga setan ky d indonesia yg bnyak ragam na

Apakah Nabi Sulaiman juga yang membuat patung2 Budha yang ada di Thailand, Vietnam, Laos.....?

gini aja bro Biar lebih tepat nya, Ini kan kata Orang Buddha Borobudur di bangun pada masa kerajaan Syailendra, Coba buka kamus, Syail = Raja, Indra = Gunung berarti Raja Gunung, Coba Buka Al-Qur'an Siapa kah Nabi Yang Menguasai Gunung2, Jelas Lah Nabi Daud As, Sulaiman Adalah Putra Daud As, .

Jangan risau. Ini hasil penelitian betul/ tidaknya allah maha tau.
Jika ingin membantah harus baca hasil penelitiannya terlebih dahulu. Dan didiskusikan dengan guru qt.
Jangan sampai masalah seperti ini menjadi perpecahan, kita kembalikan ke Al'quran.

wkwkwk... Nabi Ibrahim lah yg menghancurkan patung-patung berhala yg disembah oleh raja Nombrod dan perlu anda ketahui Nabi Sulaiman adalah keturunan Nabi Yakub (Israil) cucu Nabi Ibrahim, Jadi mana yang lebih tua Nabi Ibrahim atau Nabi Sulaiman, ya sudah pasti lebih tua Nabi Ibrahimlah, Urutannya begini; Ibrahim punya anak Ismail dan Ishak, Nabi Ismail moyangnya Nabi Muhammad, Nabi Ishak Moyangnya Nabi Musa, Nabi Musa Moyangnya Nabi Sulaiman. Jadi anda dalam hal ini ngawur.... Jika Nabi Ibrahim maka Nabi Sulaiman pun akan melarangnya, termasuk juga bagi kita umat Nabi Muhammad sebagai penerus ajaran Nabi Ibrahim. Mikir dong!!!!

Nabi Ibrahim itu moyangnya Nabi Sulaiman melalui jalur silsilah Nabi Ishak

Mungkin yg dimksud jin adalah" jinius" orang pintar dantara kaum nabi sulaiman artinya org yg berpengetahuan tentang bangunan, orng pilihan. Just share hehhee

jika dibangun dengan jin juga masih masuk akal juga karena secara geografis letak Indonesia diantara samudera, benua dan aliran udara. Tempat setan 'kan ada diantara sesuatu.

Borobudur dibom ae ben rampung urusane.
Enek sng warisan nabi sulaiman lah atau spo w lah.
Sng penting iki wis jamane nabi muhammad nabi akhir zaman.
Kari nunggu kiamat teko lha nunggu dikumpulke nang padhang mashar ngitung dosane awake dewe.
Yen mlebu neroko sia di guuebog malaikat.
Rasakno...!!!!!!!!

Ampun sami rame rame asal usul borobudur.
Penting kito rawat lan kito jagi mawon.
Benjang yen pun dugi wancine lebur yo leburo.
Mergone yen wis kiamat langi bumi sak isine hancur lebur sedoyo.
Lha yen pun hancur,wancine umat manungso dikumpulke dadi siji nang padang mashar nimbang dosane kito kabeh.
Trus yen hang akeh dosane bakalan mlebu neroko mngko digebuki ro malaikat.
Mongko kito sedoyo dongo mugi-mugi diampuni dosa kito,kito dilebet ake teng suargo.
Amin

Rame sekali.....

Dan yang pasti kita blajar menghargai setiap pendapat orang lain..

Orang ilmiyah tidak cepat menyalahkan tapi membuktikan secara empirik.kalo ga ilmiyah betarti bodooohhhh.terus fahmi albasya buktikan.aky sudah mempelajari dan aku semakin takin

Kuasai dan pelajari dulu Al'quran setelah itu baru komentar..jgn cm bs menyalahkan tp tdk bs menunjukan yg benar.

maaf semua saudara kaum muslim, kita saudara loh, jangan kita ribut gara gara berita, coba kita baca secara perlahan kata kata diatas,, kita sebagai pemuda muslim harus cerdas loh, kalau anda tidak percaya ya lebih baik jangan melontarkan kata kata yg engg enak di dengar, coba kita bersama sama bersatu sebagai umat muslim,,. di simak dan di cari di al-Quran, karena sungguh al-Quran itu adalah kitap(tulisan) yg karim...

kalo urusan perJINan (kepercayaan masyarakat yg berhubungan dgn JIN) dizaman dahulu, jng disangkut pautkan dgn masyarakat zaman modern/sekarang.
Coba inget2 pelajaran seputar Fir'aun/pharaoh, sejarah nusantara (animisme dinamisme) kental bgt dengan dunia mistisme, perjinan, perdukunan, setanisme, dan hal-hal klenik lainnya.

Kalo sy hnya bisa bilang sungguh ARTISTIK seni pahat yg dahsyat bagi yg mmbuat'a,,,,subahanallah

Borobudur mahakarya yg artistik seni pahat yg indah,,,nusantara tiada tara

Barokallah... tq info nya... lanjut gan kreasi nya... tidak lah sama pengetahuan seseorang... kecuali atas izin NYA.. belajar lah bersabar... semua ada bagian nya... subhanallah

ijin copas di blog saya. tidak semua. cuma beberapa. saya sertakan source dari blog ini. terimakasih

Zamanny berbeda atau sama ? Kehidupan mendatang akan muncul burung" besi dan kuda" besi , salam

kasian sejarah orang2 dulu, ceritanya banyak yg dikurang dan di tambah. karena penulisnya buka orang yang menyaksikan secara langsung... biasa menurut ini??... menurut itu.??....

Sejarah kemerdekaan indonesia,pancasila,sampai kejadian tahun 1960an saja sudah kabur oleh kepentingan-kepentingan tertentu, apalagi sejarah yang sudah berabad-abad

Jgn sembarangan bwa ayat alqur'an. Lagian diatas ayat alqurannya gak kuat 1 ayat tentang siang malam tpi penafsirannya se halaman penuh. Hebat yah

Back To Top