Rahasia dan Keajaiban Shalat Tahajud

Rahasia dan keajaiban shalat tahajud sebenarnya bukanlah rahasia lagi, banyak orang yang sudah mengetahui manfaat dan keajaiban yang bisa muncul akibat shalat tahajud yang penuh makna dan khusyu. Hal itulah yang menjadikan shalat tahajud menjadi salah satu ibadah tidak wajib yang paling populer untuk umat Muslim.

Rahasia dan Keajaiban Shalat Tahajud

Dalam banyak hadits dan juga ayat Al-Quran, rahasia dan keajaiban shalat tahajud dipaparkan dengan tegas dan jelas. Dari hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibn Majah yang mendapatkan kesaksian dari Abdullah Ibn Muslin bahwa Rasul dengan tegas menganjurkan hal-hal yang menjamin keselamatan masuk surga, antara lain salam, berbagi makanan, sambung silaturahmi, dan shalat malam (tahajud).

Pernyataan tersebut dikonfirmasi dengan Az-Zariyat ayat 15-18  di mana orang yang berbuat baik adalah orang yang sedikit tidur di waktu malam dan mengakhiri malam mereka dengan memohon ampun kepada Allah, dan orang yang berbuat baik akan tinggal di tengah taman-taman surga yang banyak mata air. Hal itu merupakan isyarat bahwa shalat tahajud merupakan kunci menuju surga.

Keistimewaan lainnya dari shalat tahajud adalah pewaktuannya. Allah SWT berjanji sendiri bahwa doa orang yang menunaikan shalat tahajud akan dikabulkannya dengan ikhlas. Allah SWT juga berkata bahwa diri-Nya turun ke bumi pada 1/3 malam terakhir sebelum fajar. Doa yang dilantunkan pada waktu tersebut akan diijabah. Hal ini juga merupakan konfirmasi dari ayat dan hadits yang dalam isinya dijelaskan bahwa orang yang memohon ampun di malam hari akan diampuni dan dosanya akan dihapus.

Dari pendekatan supernatural pun, Allah SWT menjelaskan bahwa Setan, suka sekali mengikat orang yang tidur (menjelaskan kenapa orang yang pemalas menjadi sulit bangun tidur, malas, dan banyak hal). Ikatan tersebut ada tiga lapis, dan jika anda melakukan shalat tahajud ketiga lapisan tersebut akan terlepas seketika.

Shalat tahajud juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa ayat dan hadits telah mengklaim bahwa shalat tahajud mencegah datangnya penyakit dan menyembuhkan penyakit.  Ilmuwan berhasil mendapatkan kaitan mengenai hal ini dengan kesehatan. Pada waktu sepertiga malam terakhir, temperatur tubuh manusia akan turun hingga titik terendah, di waktu itu, sistem imun diproduksi dengan lebih baik, menggantikan imun lama yang sudah lelah melawan penyakit. Jika anda melakukannya setiap hari, anda dijamin sehat.

Perintah untuk tidur sebelum tahajud juga terbukti bermanfaat. Ilmuwan menemukan bahwa ketika bangun tidur di malam hari, otak manusia bergetar pada gelombang alpha dan theta (gelombang yang dikaitkan dengan pengalaman spiritual). Pada tingkat aktivitas ini, manusia paling mudah masuk ke pikiran superconscious (lawan dari subconscious atau alam bawah sadar). Kita menjadi sangat rileks, dan fokus karena tubuh kita mengeluarkan hormon bahagia dalam jumlah yang banyak. Perasaan tenang ini menyebabkan tubuh anda beristirahat dan tidak ada otot yang berkontraksi kecuali otot involunter, artinya pembuluh darah akan lebih lebar dan darah mengalir lancar.

Pemikiran superconscious ini adalah hal lain yang berhubungan dengan ilmu metafisika. Pikiran superconscious seringkali diperkirakan (ilmuwan tidak meyakini hal yang tidak fisis) pikiran di mana jiwa dan raga kita memiliki koneksi yang lebih kuat. Jika anda pernah mendengar tentang out-of-body-experience dan sejenisnya, hal itu terjadi di fase ini. Koneksi anda dengan Tuhan akan lebih tinggi. Mengingat adanya hukum tarik-menarik, doa yang anda pikirkan akan terkabul dengan lebih mudah. Anda ingin tahu apa yang akan terjadi kepada diri anda ketika shalat tahajud? Coba saja lakukan secara rutin, mungkin anda akan menemukan rahasia dan keajaiban shalat tahajud.
3 Komentar untuk "Rahasia dan Keajaiban Shalat Tahajud"

Back To Top