Misteri Ibukota Majapahit Akhirnya Terpecahkan

Misteri Ibukota Majapahit Akhirnya Terpecahkan - Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Majapahit merupakan sebuah kerajaan besar yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan Majapahit berdiri pada abad XIII sebagai kelanjutan dari Kerajaan Singosari. Adalah Raden Wijaya yang sebagai pendiri Majapahit pada tahun 1293. Majapahit mencapai masa kejayaan pada masa Raja Hayam Wuruk, dan pada masa inilah kebanyakan orang mempercayai Majapahit mempunyai Perdana Menteri Gajah Mada yang dikena dengan Sumpah Palapa.


Baru-baru ini diketahui bahwa sebuah organisasi yang dinamakan Perkumpulan Peduli Majapahit telah sukses menentukan peta Ibukota Kerajaan Majapahit. Disebutkan bahwa Ibukota Majapahit berada di Jawa Timur, tepatnya terletak di Kabupaten Mojokerto dan Jombang.

Dalam buku sejarah orang-orang banyak mengetahui bahwa ibukota Majapahit terletak di Trowulan, namun itu adalah sebuah kesalahan. Hal itu disebutkan oleh Anam, ketua perkumpulan peduli majapahit gotra wilwatikta. Ia juga mengatakan bahwa penemuannya ini akan dapat menjawab pertanyaan generasi yang lebih jauh dari Kerajaan Majapahit tentang letak pasti lokasi ibukota Majapahit yang sesungguhnya. 

Menurut peta yang telah mereka ciptakan, ibukota kerajaan majapahit mencakup kecamatan sooko, jatirejo, trowulan, mojoagung, mojowarno serta sumobito di Kabupaten Jombang. luas kawasan ini yaitu 10 x 10 kilometer persegi. Ada juga versi yang menyebutkan luasnya adalah 9 x 11 kilometer persegi. Anam memastikan mengenai luas ibukota ini agar memudahkan pengembangan nantinya.

Selain berhasil membuat peta ibukota Kerajaan Majapahit, mereka juga berhasil menggambarkan ilustrasi pusat kota ibukota Majapahit. Pusat kota ini terletak dalam kawasan ibukota dan sekarang lokasinya berada di Trowulan. Candi Gentong, Candi Muteran, tempat kediaman Gajah Mada, Candi Tengah, kediaman kerabat kaum raja dan tempat pemandian para putri kerajaan adalah situs-situs yang memperkuat ilustrasi pusat kota ini.

Pembuatan peta ibukota ini didasarkan pada sketsa rekonstruksi Kota Majapahit oleh Henry MacLaine Pont yang merupakan seorang insinyur dari Belanda yang sangat tertarik pada situs Trowulan dan kemudian mendirikan Museum Purbakala Trowulan pungkas Anam. Mengenai peta ibukota Kerajaan Majapahit ini juga melibatkan beberapa ahli arkeologi dari Balai Arkeologi Yogyakarta, Nurhadi Rangkuti. Situs bekas ibukota Kerajaan Majapahit ini akan dikembangkan menjadi kawasan Cagar Budaya Nasional, Pusat Wisata Budaya, Pusat Studi Sejarah, Kepurbakalaan dan Kebudayaan.

Sumber : Tempo.Co
1 Komentar untuk "Misteri Ibukota Majapahit Akhirnya Terpecahkan"

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang kerajaan majapahit (Lengkap), semoga dapat saling melengkapi

Kerajaan Majapahit (Terlengkap disertai Gambar) - MARKIJAR.Com

Back To Top